Thursday, March 17, 2011

Kamus Bebas Backpacker [iseng-usil]

Nggak bisa tidur, iseng-iseng akhirnya saya mau berbagi informasi saja soal istilah-istilah, kata, yang kerap dipakai dalam dunia backpackeran hehehe. Siapa tahu berguna ya. Tetapi ini adalah terjemahan bebas dari apa yang saya serap dan pahami lho ya, dan saya tulis secara random tidak urut alfabet...kalau salah atau kurang tepat, ya maap...hehehe...pissss !!

backpacker: orang yang melakukan perjalanan traveling dengan tas punggung. Dalam perkembangannya, kemudian lebih luas lagi biasa disebut seseorang yang melakukan perjalanan dengan budget yang sangat minim.

backpack: adalah tas punggung.

baggage allowance: berat atau volume bagasi yang dibawa traveler atau calon penumpang tanpa biaya tambahan.

boarding pass: adalah dokumen/serupa tiket yang diberikan oleh maskapai penerbangan saat calon penumpang melakukan check in. Dokumen inilah yang digunakan untuk masuk ke dalam pesawat terbang.

cash deposit: prosuder yang diterapkan hotel atau penginapan bahwa setiap tamu harus memberikan jaminan uang cash yang bisa dikembalikan saat yang bersangkutan check out.

dry bag: adalah tas tahan air yang biasa digunakan untuk aktivitas outdoor termasuk untuk kegiatan petualangan atau backpacking.

dorm: adalah kamar di penginapan yang digunakan secara bersama-sama semacam asrama. Dalam satu kamar bisa terdapat tiga tempat tidur hingga puluhan. Dorm merupakan fasilitas yang disediakan penginapan bagi para traveler ber-budget rendah.

double room: kamar untuk dua orang dengan tempat tidur ganda.

flip-flops: sama artinya dengan sandal.

hard sleeper: adalah fasilitas tempat tidur di kereta api, dengan jenis tempat tidur yang keras.

hard seat: adalah fasilitas kursi di alat transportasi baik kereta api maupun bus.

hitchhiking: adalah salah satu cara murah untuk melakukan traveling, khususnya dalam hal transportasi. Hitchhiking biasanya dilakukan dengan cara menyetop kendaraan di jalan dengan mengacungkan jempol. Budaya hitchhiking cukup dikenal di negara-negara barat khususnya.

hostel: adalah penginapan bagi traveler ber-budget minim, bisa dengan fasilitas atau private room atau kamar bersama bersama (dorm). Harga kamar per malamnya biasanya sangat murah.

homestay: hampir sama dengan penginapan ber-budget rendah.
hotel budget: hotel yang memasang rate atau harga kamar cukup murah dan ramah di kantong traveler.

hiking: adalah kegiatan outdoor, berupa jalan kaki di lingkungan alam, selain bagian dari olahraga, hiking juga sangat berkaitan dengan kegiatan traveling.

itinerary: adalah konsep perjalanan, detail rute, mencakup semua hal yang akan dilakukan dalam sebuah perjalanan traveling misalnya destinasi, waktu menuju ke suatu tempat, dan detail lainnya yang mendukung kelancaran perjalanan tersebut.

go show: istilah yang digunakan untuk check in di hotel atau penginapan tanpa booking terlebih dahulu.

guide book: adalah buku panduan perjalanan bagi traveler yang mengupas tentang suatu destinasti dan detail bagaimana cara menuju ke sana dan informasi penting lainnya.

guesthouse: setara dengan arti dari hostel atau homestay.
ngeteng: nah yang satu ini dari bahasa Indonesia yang berkembang di masyarakat urban, khususnya anak muda. Artinya kurang lebih adalah melakukan perjalanan atau traveling dengan cara murah, misalnya dalam hal penggunaan alat transportasi.

left luggage: adalah fasilitas di terminal, bandara, stasiun kereta api, atau pun di penginapan dan hotel yang disediakan bagi tamu atau traveler agar mereka bisa menitipkan barang-barangnya atau tasnya. Fasilitas ini kadang berbayar kadang gratis.

lonely planet: adalah buku panduan yang sangat terkenal di kalangan traveler dunia yang muncul dari prakarsa Tony Wheeler dan Maureen Wheeler. Ini adalah buku how to yang membahas detail suatu daerah, negara, atau tujuan wisata dengan pengerjaan yang rumit dan sangat komprehensif.

low cost carrier/airline: biasa disebut juga sebagai diskon atau budget carrier atau airline, yang secara umum adalah jenis penerbangan yang menerapkan harga tiket murah dan kenyamanan yang sedikit berkurang. Sementara bandaranya kadang disebut sebagai low cost carrier terminal.

overland: perjalanan traveling dengan menggunakan alat transportasi darat.

Passport: adalah dokumen yang merupakan identitas seseorang sebagai warga negara di suatu negara. Dokumen ini mutlak diperlukan saat seseorang melakukan perjalanan ke luar negeri atau masuk ke negara lain.

travelogue: adalah film atau program televisi bergenre dokumenter dengan subyek traveling secara umum. Dalam perkembangannya, dokumentasi juga berkembang dalam bentuk buku.

travel wallet: ini adalah dompet untuk menyimpan uang cash. Modelnya seperti ikat pinggang dan melekat di bagian pinggang atau perut dengan bentuk pipih tipis tidak seperti tas pinggang. Dompet yang cara kerjanya mirip tas pinggang ini terkenal di kalangan traveler barat karena anticopet. Di Indonesia juga mulai banyak dijual bebas.

travelmate/travelbuddy/travel company: adalah teman dalam perjalanan traveling. Bisa dalam satu perjalanan utuh, atau hanya dalam beberapa penggal perjalanan saja.

twin room: satu kamar dengan dua tempat tidur untuk dua orang.

road trip: perjalanan traveling yang menggunakan kendaraan, kadang bukan sesuatu yang direncanakan sebelumnya atau dilakukan secara spontan.

refundable: adalah jaminan uang untuk keperluan tertentu, misalnya jaminan di hotel atau lainnya yang bisa diambil lagi setelah urusan selesai.

sharing bathroom: adalah fasilitas kamar mandi yang digunakan untuk secara bergantian. Biasanya terdapat di hostel/homestay/guesthouse.

single room: adalah kamar dengan satu tempat tidur untuk satu orang.

save deposit box: adalah fasilitas untuk menyimpan dokumen penting atau barang penting lainnya, baik berbayar atau bagian dari sebuah fasilitas tambahan misalnya di hotel.

soft sleeper: adalah fasilitas tempat tidur yang nyaman di dalam kereta api.

sleeper bus: adalah bus yang tidak memiliki fasilitas tempat duduk berupa kursi, namun diganti dengan tempat tempat bertingkat. Ini misalnya banyak ditemukan di China.

Visa: adalah dokumen, bisa berupa surat, stempel atau stiker yang melekat di passport yang sebagai izin masuk ke suatu negara yang dikeluarkan pemerintah setempat kepada seseorang dari negara lain untuk keperluan wisata atau kegiatan lainnya. Visa diurus sebelum yang bersangkutan tiba di negara tujuan.

Visa on Arrival: adalah visa atau izin yang harus dimiliki dan dengan membayar sejumlah uang saat masuk ke suatu negara yang menerapkan Visa on Arrival. Pengurusan dilakukan saat berada di pemeriksaan imigrasi begitu seseorang tiba di negara tujuan.

Visa Run: ini adalah visa yang didapatkan dengan cara menyeberangi perbatasan suatu negara dengan negara lain demi perpanjangan izin tinggal di suatu negara.


Bersambung yaaa...sambil nanti di update lebih lanjut. Atau ada yang mau nambahin? monggo :)

5 comments:

kedaibiasa said...

it very useful info..

AieSha said...

info yang sgt berguna, makasih ya mas ariy.. hee..

JHaZKiTaRo said...

info yg best.. salam kenal.. rajin2, ziarahlah blog hamba (AKU SEBUTIR PASIR) kalau nak baca pengalaman hamba travelling ke 45 buah negara.. :)

Nashir Ramadhan said...

halo mas, boleh list istilahnya aku pake buat informasi tambahan di buku aku? nanti aku kasih tulisan sumbernya ? hehe trims

Ariy said...

monggo silakan mas