Tuesday, April 5, 2011

Eksotika Candi Prambanan



Inilah Candi Hindu tercantik di Indonesia. Saya jatuh hati pada kunjungan pertama saya di candi ini. Candi ini berada di Desa Prambanan, yang sebagian masuk wilayah Kabupaten Sleman (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta) dan sebagian wilayah Kabupaten Klaten (Provinsi Jawa Tengah). Tepatnya 20 kilometer arah timur laut Yogyakarta atau 40 kilometer barat Kota Solo. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya, dan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1991. 

Menurut catatan, candi ini ditemukan pada 1733 oleh CA Lons, warga negara Belanda. Pada bangunan candi setinggi 47 meter ini, kita bisa melihat batu-batuan baru yang memang digunakan untuk mengganti batu-batu asli yang rusak atau hilang sebagai bagian dari rekonstruksi. Struktur bangunan di kompleks candi ini terdiri dari delapan candi utama dan ratusan candi kecil. Pada Candi Siwa, yang berada di tengah, terdapat empat ruangan yang berada di masing-masing empat penjuru mata angin. Beberapa candi lainnya adalah candi yang dipersembahkan kepada Batara Wisnu, candi untuk Batara Brahma, serta beberapa candi yang dipersembahkan untuk Lembu Nandini, sang Garuda, dan lain-lain. Relief pada batu-batu candi menggambarkan cerita Ramayana. 
Nah, mengunjungi Prambanan, sebaiknya Anda memasukkan paket lainnya yang tak kalah kerennya, salah satunya adalah Ramayana Ballet. Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana adalah pertunjukkan yang mengambil kisah percintaan Rama dan Shinta, kemurkaan Rahwana, serta kesetiaan Hanuman. Pertunjukan ini sangat memesona karena berlatar belakang Candi Prambanan dengan permainan lighting yang membuat suasana megah dan mistis. 

Waktu Pertunjukan:
Pertunjukan digelar di dua panggung. Untuk panggung terbuka dilaksanakan antara bulan Mei–Oktober, pukul 19.30–21.30 WIB, sementara saat musim penghujan, pertunjukan digelar di Panggung Trimurti (tertutup) yaitu antara bulan November–April, pukul 19.30–21.00 WIB.
Tiket masuk:
VIP Rp250.000, kelas khusus Rp175.000, kelas I Rp150.000, kelas II Rp75.000. Tiket pelajar domestik Rp20.000 (minimal 30 siswa dengan surat pengantar dari sekolah).
Reservasi:
Prambanan Theatre, Jln. Raya Yogya-Solo Km. 16, Prambanan, Telp. (0274) 496408.

1 comment:

iksamenajang said...

Wah "cantik" ... seperti perempuan saja .. he he tapi memang sangat indah candi ini dan kompleksnya ...