Tuesday, June 14, 2011

Selamat Datang di Jawa Timur

Kesempatan untuk mengeksplorasi beberapa wilayah di Jawa Timur bersamaan dengan menggebu-gebunya keinginan saya untuk menjelajah sebagian wilayah eksotis di daerah ini. Jawa Timur sebenarnya bukan wilayah yang tidak pernah saya jamah. Sejak kuliah, saya sudah berulang kali berkunjung ke Surabaya. Tapi, ya, cuma dalam urusan-urusan tertentu, dan tidak pernah menyempatkan waktu untuk benar-benar mengenal kota ini.
Lalu, muncul keinginan untuk datang ke Malang akibat gosokan teman-teman saya yang sudah menjamah kota ini. Lalu, muncul lagi keinginan untuk ke Bromo setelah muncul sindiran dari teman-teman backpackers dari luar negeri, “Bagaimana mungkin kau belum pernah ke Bromo? Semua traveler dari penjuru dunia memimpikan untuk datang ke sana, yang hanya beberapa jam dari tempatmu berada. Bagaimana mungkin kau belum pernah ke Bromo?” Lalu, saya bulatkan tekad untuk menuju sana, dan beruntung mendapatkan kesempatan untuk dibukukan oleh B-First.
Selamat Datang di Jawa Timur . Secara statistik, inilah provinsi paling timur di Pulau Jawa dengan luas wilayah mencapai 47.922 km2 dan jumlah penduduk mencapai lebih dari 37 juta jiwa. Inilah provinsi yang memiliki potensi sempurna dalam hal wisata. Mulai sejarah, kuliner, budaya, alam, hingga wisata religi. Inilah provinsi yang karakter penduduknya dinilai kasar, keras, dan lugas, yang dalam kenyataannya saya justru mendapatkan karakter-karakter sebaliknya, yang baik, tulus, dan tidak basi-basi. Inilah wilayah yang banyak memiliki tempat-tempat plesiran indah seperti Malang dan Batu, serta taman-taman wisata modern yang tidak kalah dengan yang ada di Jakarta, misalnya Jatim Park 1 & 2. Inilah provinsi yang memiliki sejumlah pulau tersembunyi, perawan dan menunggu untuk dijamah, seperti Pulau Sempu dan Kepulauan Kangean di Madura. Inilah wilayah yang akan membuat lidah Anda bergoyang dengan kenikmatan kulinernya.
Buku ini memang tidak akan mampu memuaskan rasa penasaran dan menjawab semua pertanyaan Anda tentang berwisata di Jawa Timur. Masih banyak lokasi wisata lain yang mungkin belum terekspos. Namun, setidaknya buku ini akan mampu menjawab pertanyaan awal Anda: “Berwisata ke Jawa Timur itu enak nggak, sih?” Tak diragukan lagi, Indonesia kaya akan potensi wisata. Banyak di antaranya yang belum tergali, sudah ditemukan, tetapi belum terpoles secara sempurna, dan banyak juga di antaranya yang minim kunjungan. Virus traveling yang sengaja kami sebar semoga akan mampu menggiatkan pariwisata Indonesia, khususnya yang masih belum terekspos secara luas. Akhirnya, selamat datang di Jawa Timur.

No comments: