Friday, December 16, 2011

Pertama Kali Ke Luar Negeri? (Tips Sederhana)

Saya banyak mendapatkan pertanyaan di twitter saya @ariysoc, tentang hal yang paling mendasar apa yang harus dipersiapkan saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Bagi Anda yang sudah sering ke luar negeri/pernah, mungkin postingan ini tidak penting. Tetapi semoga penting bagi Anda yang baru akan memulai backpacking atau melakukan perjalanan ke luar negeri. Ide awal menuliskannya menjadi artikel adalah, biar saya gampang memberikan jawaban secara komplet dan cepat bila ada yang bertanya lagi: Saya baru pertama ke luar negeri, apa yang harus saya lakukan?

Berikut ini hal-hal basic yang menurut saya harus Anda persiapkan dalam perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya:
1. Paspor. Tanpa paspor tidak mungkin bepergian ke luar negeri. Faktanya, bikin paspor itu mudah dan relatif murah. Dengan Rp 275.000, membawa KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah terakhir, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), serta surat referensi dari perusahaan (bagi karyawan/pegawai). Bisa dilakukan di imigrasi manapun di Indonesia asal syarat komplet, dan di atas kertas disebutkan kelar 3 hari, tapi setidaknya akan memakan waktu kurang lebih seminggu. Paspor adalah identitas Anda saat bepergian keluar negeri.

2. Visa. Ini adalah surat izin yang dikeluarkan suatu negara kepada warga negara asing yang akan masuk ke negara itu. Dalam hal kerja sama antarnegara, banyak negara yang membebaskan pengurusan visa ini, atau sedikit lebih longgar dengan menerapkan visa on arrival (Voa). Negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Thailand, etc, membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI), meskipun ada juga beberapa negara Asean yang menerapkan VoA. Detil selengkapnya silakan minta jasa Mbah Google, mana negara yang butuh visa dan mana yang tidak. Saran, bagi yang baru pertama kali ke luar negeri, coba saja dulu ke negara-negara yang tidak membutuhkan visa.
3. Ini penegasan saja, bahwa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tidak diperlukan lagi dalam perjalanan ke luar negeri. Jadi jangan bingung bagi yang belum punya. Banyak yang masih menanyakan ini, karena takut bila tidak punya akan kena fiskal Rp 2,5 juta.

4. Soal dokumen perjalanan beres, langkah selanjutnya adalah booking tiket pesawat. Membeli tiket pesawat gampang-gampang susah, khususnya yang ingin mendapatkan harga miring. Tapi bukan tidak mungkin untuk mendapatkan harga super murah, seperti Rp 10.000 atau Rp 49.000 atau Rp 200.000 hingga jutaan. Cara gampang adalah dengan subscribe di situs-situs maskapai penerbangan. Beberapa yang saya rekomendasikan adalah Air Asia, Tiger Airways, Jetstar. Beberapa maskapai lokal juga sering bagi-bagi tiket promo seperti Citilink (bahkan Garuda), Lion Air, Sriwijaya, Batavia, dan Merpati. Dalam sejarah saya traveling, saya pernah mendapatkan Rp 10.000 dari Air Asia, untuk perjalanan Solo-Kuala Lumpur, Rp 49.000 untuk Semarang - Kuala Lumpur dengan Air Asia, serta Rp 100.000 dari almarhum Mandala Air untuk perjalanan Jakarta-Singapura. Tiger Airways kerap bagi-bagi tiket murah US$ 22 untuk perjalanan Jakarta-Singapura. Jangan lupa juga ikuti facebook dan twitter mereka, karena mereka banyak sekali memberikan informasi tiket murah di media sosial.

5. Ada yang bertanya soal biaya lain-lain untuk naik pesawat ke luar negeri. Untuk tiket keberangkatan dari airport Indonesia (di manapun untuk tujuan ke manapun) kita akan dikenai airport tax yang akan kita bayarkan di bandara saat kita selesai check in tiket. Untuk penerbangan domestik antara Rp 35.000 - Rp 40.000 (cek lagi, siapa tahu naik). Kok kira-kira? ya, karena untuk Bandara Soekarno Hatta lebih mahal. Terakhir, dari Yogyakarta atau Solo airport tax untuk domestik Rp 35.000, tetapi dari Soekarno Hatta ke Yogyakarta atau Solo (atau kemanapun) Rp 40.000. Sedangkan untuk airport tax ke luar negeri dari bandara mana pun di Indonesia adalah Rp 150.000. Jadi jangan kaget kalau kadang airport tax lebih mahal daripada tiket pesawat itu sendiri. Sementara itu, rata-rata airport tax bandara di luar negeri sudah di-charge langsung dengan tiket pesawatnya. Jadi kita tidak perlu membayar airport tax, misalnya pulang dari Changi, Singapura menuju Jakarta.

6. Udah itu saja? belum. Kalau Anda booking tiket pesawat pasti terheran-heran, kok harga awal (basic fare) murah, tapi giliran mau bayar harganya naik? Iya, beberapa pesawat, contoh paling gampang Air Asia, akan mengenakan biaya lain-lain, misalnya untuk fuel surcharge, beli kursi (memilih kursi mana yang akan kita dapatkan di pesawat), asuransi, fee untuk penggunaan kartu kredit, dsb. Saya selalu men-skip memilih kursi karena bagi saya duduk di mana pun sama saja, tidak menggunakan bagasi, tidak menggunakan asuransi (jangan ditiru), dsb supaya harga tiketnya naik tidak terlalu banyak. Tetapi saya tidak bisa mengelak dari membayar fuel surcharge atau fee kartu kredit.

7. Soal bagasi perlu diperhatikan. Tipikal first time traveler adalah membawa barang terlalu banyak, karena takut ini, khawatir itu. Nah, lebih baik bawa barang-barang seperlunya. Karena kalau bawa barang banyak, yang sengsara juga Anda sendiri, harus membopong kemana-mana. Belum lagi biaya bagasi yang mahal. Tas yang bisa masuk kabin, misalnya untuk Air Asia adalah maksimal 7 kilogram (meskipun kadang lebih juga lolos). Nah, lebih baik menaati, jangan lebih dari 7 kilogram bila Anda tidak ingin membeli bagasi. Saya terbiasa mengentengkan ini, suatu saat kena batunya. Bagasi saya 7,5 kilogram dan saat check in  petugas tidak mau tahu dan memaksa saya memasukkan ke bagasi (tidak boleh dibawa masuk ke pesawat karena overweight 0,5 kg). Alhasil, daripada tidak boleh terbang, saya membayar bagasi Rp 100.000. Waktu itu, untuk bagasi maksimal 15 kilogram bila kita beli secara online berbarengan dengan beli tiket pesawat hanya Rp 50.000. Oya, beberapa maskapai domestik seperti Lion Air misalnya, memberikan bagasi secara gratis hingga 20 kilogram. Kita bisa memperkirakan, kira-kira butuh bagasi atau tidak? Bila saya berpikir pulang akan membawa oleh-oleh, maka biasanya saya hanya akan membeli bagasi untuk terbang pulangnya saja.

8. Oya, bila kita masuk ke negara lain, kita akan dibagi kartu kedatangan saat di dalam pesawat (atau kalau lupa meminta di pesawat bisa ambil di check point imigrasi saat paspor kita diperiksa). Nah, salah satu hal yang harus diisi adalah alamat di mana kita akan tinggal selama berada di negara tersebut. Bagi yang sudah booking hotel atau penginapan, jangan lupa membawa alamat hotel/penginapan itu. Bagi yang tidak booking sebelumnya, comot saja salah satu alamat hotel/penginapan dari Mbah Google, lalu ditulis. Mereka nggak akan mengecek ke hotel kok. Tapi kalau Anda tidak menuliskan alamat ini, dijamin akan lebih lama di bandara kayak pengalaman saya di Chiang Mai.

9. Bawa makanan boleh nggak sih? Ketentuan imigrasi boleh membawa cairan di dalam wadah @100 ml  maksimal 1 liter. Oya, kalau bawa makanan kering seperti mie cup instan atau roti-roti kering masih boleh kok. Ini untuk negara-negara sekitar aja ya. Beberapa negara memberlakukan aturan-aturan yang berbeda, lebih baik mencari informasi langsung di aturan imigrasi mereka satu persatu.

10. Jangan lupa menukarkan uang ke mata uang negara yang akan kita tuju. Bagi saya, lebih baik menukarkan di Indonesia dengan jumlah yang kita perkirakan akan mencukupi selama perjalanan hingga selesai. Bila ingin back up lebih baik membawa/menukar dengan Dollar Amerika yang nilainya lebih stabil dan bisa ditukar di manapun. Jangan membawa back-up mata uang Rupiah. Pengalaman saya backpacking pertama kali, saya kekurangan uang di Thailand, dan hanya membawa Rupiah. Akhirnya mau tidak mau saya menukarkannya di suatu bank di Thailand. Dan mata uang rupiah saya berkurang nilainya hampir separuh. Benar-benar tidak berharga, dan saya tinggal merutuki nasib :)

11. Oya, satu hal yang penting. Banyak yang menanyakan alur saat pertama kali mau terbang ke luar negeri. Baiklah, ini: 1) Pegang e-ticket. 2) Datang ke counter untuk check in, 3) Lalu masuk ke waiting room setelah sebelumnya membayar airport tax, 4) Menunggu boarding (masuk ke pesawat) di waiting room. Catatan: maskapai seperti Air Asia memungkinkan kita untuk melakukan check in lewat internet, dan sekarang malah mengenakan fee bila kita check in secara manual. Jadi pelajari benar aturan masing-masing maskapai. Bagaimana dengan kedatangan di suatu negara? 1) Begitu keluar dari pesawat kita akan masuk ke pemeriksaan paspor.2) Ambil antrean dengan tanda "foreigner" dan stay di barisan, tetap berada di belakang garis kuning. Menyerobot antrean seperti banyak dilakukan orang di Indonesia adalah hal yang paling memalukan dan tidak bisa diterima. Jadi jangan pernah menyerobot. 3) Tiba giliran, serahkan paspor dan dokumen yang diperlukan (termasuk kartu kedatangan). Kadang petugas menanyakan apa tujuan kita masuk negara itu? jawab saja dalam rangka liburan. Jangan panik, jangan gugup, jangan membuka peluang petugas untuk menanyakan hal-hal yang tidak penting. 4) Setelah paspor kita distempel, maka selamat datang dan selamat traveling.

semoga berguna,

A

Keterangan: foto diambil dari jaunted.com

240 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 240 of 240
Ariy said...

@Melia Khan
Salam mbak. Tentu saja Anda boleh masuk selama tidak ada persoalan dengan paspor. Saya pernah kok dalam satu bulan dua kali. Gak ada masalah. Kalau ditanya (kadang imigrasi kan kepo tuh), tinggal jawab aja keperluannya apa, mau jalan-jalan, tengok sodara, atau yang lain

Ariy said...

@Melia Khan
Salam mbak. Tentu saja Anda boleh masuk selama tidak ada persoalan dengan paspor. Saya pernah kok dalam satu bulan dua kali. Gak ada masalah. Kalau ditanya (kadang imigrasi kan kepo tuh), tinggal jawab aja keperluannya apa, mau jalan-jalan, tengok sodara, atau yang lain

Ariy said...

@Irene Elvira

Hp KW maksunya ya mbak? nggak kok nggak masalah. Nggak ada pemeriksaan khusus soal itu. Hp hanya diletakkan di metal detector layaknya kita masuk ke bandara. Gak ada cek merek dan kw atau tidak. santai saja. Have fun yak

Sri Elmala Sari said...

Dear Mas Ariy

Thanks before atas postingan nya
sangat membantu sekali bgi saya yang pertama kali akan melandas ke negri orang
hehe

Cuman ada yg perlu saya tanyakan nih mas
Rencana tahun depan saya terbang dari Medan ke Kuala Lumpur
Saya telah booking tiket AirAsia, dapat tiket promo pulang pergi sih + asuransi sejumlah Rp. 438.000

Yang saya bingung,
Apabila kita udah booking tiket secara online, kmudian bberap hari berikutnya kita bayarkan k travel tuk langsung ambil tiket,
Nah terus pada waktu hari H nya kita berangkat, apakah kita dikenakan biaya lain lain lagikah oleh maskapainya???

Terus untuk maksimal bagasi 7 kg, apakah terhitung sama tas sandang + tas camera yang kita bawa???

Thanks y mas

Best Regards
Elmala

Ariy said...

@Sri Elmala,

Kalau tiketnya sudah termasuk airport tax, tidak bayar apa-apa lagi mbak. Tetapi kalau belum termasuk airport tax, maka akan diminta saat di bandara, mau berangkat. Coba cek di print out tiketnya, akan tertulis rincian biaya untuk apa saja.

Kalau lebih dari 7 kg harus masuk bagasi (berbayar), tetapi coba dipisah dalam dua tas. Misalnya tas utama 5 kg masuk kabin bisa. Lalu sisanya disandang.

anekakawan said...

Blognya keren! Informatif and interaktif banget..
Mo tanya mas.. Kalo kt bepergian ke suatu negara tapi harus transit dan ganti maskapai penerbangan di negara yg lain, apakah kita diwajibkan unt punya visa di negara tempat transit itu..? Apakah mungkin tdk melalui imigrasi krn kita toh tdk keluar dari airport. Saya ada rencana ke Moscow
Trims.

Ariy said...

@Anekawan

terima kasih sudah berkunjung. Transit di airport tanpa keluar dari lingkungan airport apakah harus bikin visa? Yes, beberapa negara punya aturan wajib bikin visa, beberapa tidak. Coba cari tahu dulu (bisa di kedutaan atau googling) sebelum booking tiket.

Terima kasih kembali

Unknown said...

Sy skarang tki di malaysia dan pemegang permit malaysia..bisa gak klo berkunjung lgsung dari kul atau lainya yg ada di malaysia traveling ke hongkong

Ariy said...

@Gudy Lucky

setahu saya, dan cerita teman yang jadi TKI, tidak ada masalah Anda menggunakan paspor yang masih berlaku, juga visa (untuk negara yang meminta). Oya, ijin kerjanya juga harus masih berlaku dan tidak masalah. Gutlak Mas.

PAK JUNAIDI said...

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

PAK JUNAIDI said...


SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

Anonymous said...

Mas mau tanya. Kan saya kepingin ke Pakistan (Islamabad), setelah lihat2 tiket ternyata Jkt-Islamabad jauh lebih mahal drpd KL-Islamabad. Kalau misal saya brgkt dr KL gt apa yg kira2 harus saya siapkan? Apa itungannya sama dg kalau transit di KL? Apa saya cukup tunggu aja di bandara sambil nunggu flight ke Islamabad? Makasiih

Ariy said...

@anonymous

Iya, kalau transit ya tinggal nunggu aja pesawat berikutnya. Kalau apa yang haraus disiapkan, tentu administrasi standar, misalnya kalau Pakistan mengharuskan ada visa bagi turis indonesia, tentu harus sudah ada visa di tangan sebelum terbang. Kalau Malaysia emang gak butuh visa.

Gutlak ya

yuli said...

Mas ary, makasih banget udah share postingannya. Kalau alamat di ktp sama di paspor beda gimana. Sy rencana mau ke SGP. Krn br pindah rumah,dan sekarang udah ga boleh lg ktp kertas, hrs yg elektronik, jadinya lama nih.smtr cm pegang ktp sementara. Smtr paspor saya dulu dibuat malah di kantor imigrasi di pulau NTT.(krn ada perbatasan timor leste)dgn menggunakan alamat saat tinggal di sana slm 4 tahun. kl alamat di paspor sm alamat di ktp sementara bisa ga yah kl ke luarnegri? Expired paspor msh lama 2018. Kan sayang bikin baru. Makasih mas ari.

Ariy said...

@Yuli

Maaf telat balas. Setahu saya, ke luar negeri tidak pakai KTP deh. Jadi Paspor itu sudah mewakili legalitas identitas kita yang diakui. Pakai paspor doang kok, KTP disimpen manis aja di dompet. Gak akan dimintai KTP, SIM apalagi, selama kita pegang paspor...itu udah sah :)

Met jalan-jalan ya Mbak..

fatimah said...

PINJAMAN CEPAT PENAWARAN ONLINE DI RAHMAT MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN ... Rahmat Morgan Pinjaman Perusahaan adalah penyedia terkemuka pinjaman Seluruh Dunia Tidak peduli apa kondisi keuangan Anda, kami dapat membantu mendapatkan cash.We Anda sendiri memberikan pinjaman untuk konsolidasi utang, perbaikan rumah, tanpa jaminan pinjaman, pinjaman kredit buruk, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman Auto, mengurangi Kartu Kredit hutang, Real Estate dan hipotik pada tingkat bunga 2%. Menawarkan pinjaman online kami mudah dan cepat untuk apply.it adalah 100% Dijamin dan safe.do hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya AT Gracemorganloancompany@gmail.com

Unknown said...

Mas, skrg saya di Singapore kerja, Dan work permit sudah di cancel karna saya mau pulang, tapi saya mau mampir ke malaysia dulu, bisa gak ya,? Cuman Untuk 5 hari setelah itu saya terbang Dari malaysia ke Lombok, tolong penjelasannya mas, makasih

Ariy said...

@rya yazid

saya kurang paham apakah paspor untuk kerja serupa dengan paspor untuk kunjungan wisata. Kalau tidak ada perbedaan, berarti tidak ada masalah mampir ke Malaysia. Mohon maaf bila jawaban kurang memuaskan. Terima kasih sudah mampir ke blog saya.

Membaca Jejak Langkah said...

Halo Mas, berguna banget ceritanya. O ya, next year saya berencana liburan ke Mexico selam 10 hari, dan tentunya ini akan menjadi kali pertamanya saya ke luar negeri (kayak orang-orang). Nah yang jadi permasalahannya, bahasa inggris saya buruk sangat, tapi bisa lah kalau untuk memahami Yes atau No. Rencana saya naik KLM dari Jakarta, transit ke KL selama 4 jam dan terbang lagi ke negeri van orange. Di negeri kincir angin masih menunggu 8 jam untuk terbang ke Juarez int airport. Pesawat yang saya tumpangi pun berbeda beda, namun tetap KLM. apa yang harus saya lakukan setelah keluar dari pesawat di KL? masuk bandara, trus bagaimana steps-nya sampai mauk ke pesawat selanjutnya? dan begitupun saat di Amsterdam nanti, turun dari peswat, apa perlu visa schengen (karena saya memegang visa mexico) untuk naik ke pesawat selanjutnya???????? Mohon pencerahan saking sesepuh sing sampun keliling manca negara.....

Anonymous said...

Met malam mas....
Mas mau tanya... ini mslh kawan saya...

Dia dulu pernah overstay dimalaysia dan pda saat mau plang ke indonesia dia hanya membeli cop/stempel palsu.. yg seolah2 dia sudah keluar dan masuk lagi sesuai dengan waktu yg ditentukan untuk visa turis dimlaysia....

akan tetapiii... cop plsunya itu ada cop singapura nya...

Naah apakah saat ini jika dia ingin ke singapura... bagaimna hrus menjwab imigrasi singapura jika di tanya baru pertama kali ke singapura???


Kronologi cop paspornya...
Tahun 2010 mei masuk mlysia(real nya)
Thun 2011 juli keluar malaysia(overstay)

Thun 2010 bulan 5 keluar mlysia
thun 2011 bulan 6 masuk singapura lewat batam terus masuk mlysia lewat johor... bulan 7 keluar mlysia

Ariy said...

@Mas Didik Nugroho, kalau waktu transit cuma 4 jam, lebih baik langsung check in lagi untuk next flight. Langsung aja menuju ke area keberangkatan internasional.

Ariy said...

@anonymous lebih baik jangan ke Singapore. Kesalahan yang dilakukan teman mas sangat fatal dan berisiko.

Apex96 said...

Mas Ary, Kalo ke Malaysia (Penang) dalam rangka berobat apa harus pesan tiket PP? sedangkan kita gak tau pastinya kapan kembali ke indonesia. mohon pencerahannya. terima kasih

Ariy said...

@Apex26

Sekarang ini susah mas kalau bicara kasus per kasus. Karena kadang pengalaman orang lolos, pengalaman yang lain enggak. Paling tidak mas punya rencana perjalanan yang tertulis semua, termasuk mau periksa ke RS mana, dan lain sebagainya. Maaf tidak bisa menjawab dengan pasti, karena saya belum pernah dalam posisi Mas. Good luck ya mas

Unknown said...

Mas, bole tanya. kalo saya booking tiket tapi ketika saya berangkat nanti masa expired passpor tersisa 2 bln lagi. apakah saya bisa rubah nomor/data paspor nya? (maskapai tiger/jetstar)
Dan 1 lagi, kalo saya pesan tiket untuk anak saya (usia nanti 2 th) tp saya blum buatkan pasppor, apakah bisa update data setelah paspor jadi?

Unknown said...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Unknown said...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





pak.solihin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Mas ary . Aku lihat blog ini too old juga ya untuk smp ke 2017 skrg ini. Mas ary mohon dijawab ya.
Aku mau tanya mengenai bagasi.
Aku seorang TKI dan dikasih tas dr perusahaan khusus hny 7kg. Mas klnaku bawa travel bag yg beratnya 20kg misalnya, kr2 kena charge bagasi brp ya mas untuk skrg ini?

Ariy said...

@Gatot Slamet setahu saya update data paspor bisa, melalui manage my booking. Coba dicari kolom untuk untuk website tiger atau jetstar

@Lenny Alexandre: kalau pakai airasia, bisa cek harga secara detil harganya melalui kolom di link ini : https://www.airasia.com/id/id/our-fares/fees-and-charges.page

Kalau maskapai lain saya kurang tahu perkembangannya

Irul said...

Sy mau ke malaysia bulan ini, kata bbrp temen, apakah betul ada kewajiban saya utk beli tiketnya langsung pulang pergi? katanya kalo hnya beli tiket berangkatnya saja, akan dipersulit saat mau keluar bandara. Lalu apa yg di maksud visa kunjungan? Gmn cara mendapatkannya?

Unknown said...

Mohon dimaafkan sebelumnya....!! terpaksa sy ngeposting disini karna sy sudah mengalami skrg bagaimn rasanya tinggal di perantauan jd TKW. Anak dan suami di tinggal di kampung. Sy dulu 4 tahun 5 bulan tinggal di Hongkong.. hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap. tp tdk ada hasilnya sm sekali. Cuman gali lobang tutup lobang trus. dulu.. pengen pulang ke indo gaji tidak seberapa. Tetapi namanya juga rejeki itu tidak ada yg tau. Yg penting kita betul-betul yakin dan percaya Pasti ada jlan keluarnya. Halal tidaknya hanya tuhanlah yg menentukan. Kebetulan waktu itu sy istirahat di kamar buka facebook dapt nmor telpon Mbah Suroto di halaman tki sukses. setelah sy baca ternyata beliau murid Eyang Guru Jugo dari gunung kawi. dengan adanya Pesugihan Dana Ghaib ini dan Pesugihan Anka ghaib/Togel 2D sampai 6D pilihan..., sy memilih jalan Pesugihan Dana Ghaib saja karna tidak ada tumbal menumbal. alhamdulillah ternyata benar2 terbukti hasil nya dari Mbah. skrg sy bsa buka usaha kecil-kecilan di rumah.. ya allah terima kasih rejekimu ini yg enkau berikan. Mungkin ada teman pengen merubah nasib nya seperti sy. ini nomr nya Mbah Suroto +6282291277145 karna tidak ada salahnya kita berbagi. sy sudah merasakan manis pahitnya tinggal di perantauan. Trmksh

Ariy said...

@Gus Irul sebenarnya saya tidak tahu aturan bakunya seperti apa. Saya pernah beberapa kali tanpa tiket pulang (Karena belum memutuskan kapan pulang). Tetapi memang akan lebih baik kalau sudah punya tiket pulang sehingga perjalanan ke Malaysia lebih lancar.

Tidak ada visa kunjungan bagi warga negara Indonesia yang ke Malaysia. Ya berbekal paspor aja dan bebas visa selama 30 hari. Sebelum 30 hari harus sudah keluar dari negara itu.

Unknown said...

Saya mau nanyak mas,saya baru tiba di Indonesia 2minggu,apakah saya bisa melancong lg ke Kuala lumpur

Ariy said...

@Jack Tanjung: bisa mas. Pokoknya maksimal bebas visa kan 30 hari, setelah itu musti keluar dulu, baru masuk lagi boleh.

Unknown said...

Saya mau tanya.apaka bisa. dari Dubai Visa mau masuk Singapore apakah harus buat visit visa . Kalo bisa gimana carannya

eduskincare.eu.org said...

wah, makasih mas atas sarannya

«Oldest ‹Older   201 – 240 of 240   Newer› Newest»