Monday, January 9, 2012

Rafting Seru di Kali Elo Magelang

Ini cerita lama, tapi masih asyik kayaknya buat dibagi. Tanggal 3 Januari 2010 lalu, teman-teman saya minta ditraktir karena hari sebelumnya adalah ulang tahun saya. Saat itu usulnya adalah rafting, dan seorang teman mengusulkan untuk rafting di Kali Elo, Magelang.
Kenapa Kali Elo? apa menariknya? Hehehe....karena ini adalah rafting buat pemula, jadi dipilihlah Kali Elo yang memang grade-nya cukup ramah buat pemula, tapi fun-nya tetap ada.
Kami sepakat menggunakan jasa operator rafting Citra Elo. Kalau mau tahu alamat dan kontaknya, ada di Jl Raya Mendut-Sendangsono km 0,2 Progowati, Mungkid, Magelang, telp (0293) 788435.
Berangkat dari Solo ada lima orang, yaitu saya, Diny, Utik, Wiwid, serta teman dari Swiss yaitu Sven Huber. Kami terlebih dahulu menjemput satu teman, yaitu Bayu di Yogya. Kemudian langsung menuju ke Mungkid, meeting point-nya EO Citra Elo, yang tidak begitu jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Dari sana, setelah berganti baju dan bersiap-siap, kami menuju ke starting point dengan naik mobil milik EO Citra Elo sekitar 15 menit.
Ternyata, bebarengan dengan kami, banyak grup lain. Jadi kami harus antre di starting point. Tahap awal adalah briefing, kemudian dilanjutkan dengan pemanasan sejenak, geleng-geleng kepala, tekuk kaki tekuk tangan hehehehe. Hari sudah menjelang sore, sekitar jam dua siang. Perjalanan diperkirakan akan menempuh jarak 12 km dengan lama perjalanan kurang lebih 2,5 jam, satu kali istirahat.
Tiba giliran kami, hujan gerimis turun. Agak waswas juga, gimana ya...gimana ya....tapi cuek saja dan berdoa. Bukannya apa-apa, tapi meskipun levelnya ringan, ada kasus juga orang mati di sini. Yang terakhir malah ada mahasiswa UGM yang tewas saat rafting juga. Nah lho...jadi jangan meremehkan.
Oya, paket yang kami bayar waktu itu kalau tidak salah Rp 750.000 untuk satu perahu (enam orang), lalu ditawari juga apakah mau foto? karena mereka melarang orang luar mengambil foto (kayaknya sudah kesepakatan sejumlah operator rafting di sini). Jadi akhirnya, kami ambil juga termasuk foto. Terus mana fotonya? hehhehehe...itulah ketidakprofesionalan operator yang kami gunakan. Pas selesai rafting, eh mereka bilang fotonya gak jadi karena alasan teknis. Oalaaah...padahal pas jeprat-jepret meyakinkan, dan kami pun pose mati-matian. Tetapi duit untuk foto (saya lupa berapa) dikembalikan kok, meski tetap saja kecewa.
Balik lagi ke rafting, Kali Elo itu warnanya cokelat kotor. Di awal, air cukup tenang, kemudian mulai agak beriak sampai ada beberapa jeram. Lumayan memacu adrenalin sih. Satu pemandu berada di ujung belakang perahu yang kami tumpangi. 
Pemandangan beberapa kali cukup bagus, tetapi...itu kan sore hari yaa, jadi kami melintasi beberapa perkampungan di pinggir sungai, pemandangan tidak lagi hijau-hijau pohon, berganti dengan orang mandi dan boker....duuuh !!! yang mandi sih oke-oke saja...lha yang bokerrr????? jiaaah....
Di satu titik, perahu juga sengaja dibalikkan. Kaget juga, tapi seru...cuma panik di awal tetap saja ada. Di satu jeram saya sempat hanyut lebih dulu, sementara teman saya Bayu sempat beberapa saat masuk pusaran air. Duh, pengalaman yang serem. Saya bisa bayangkan, bagaimana seremnya rafting di sungai yang levelnya di atas Kali Elo.
Ada satu kali istirahat dilakukan di sungai yang dangkal, sekitar 30 menit, kita bisa beli minum atau sekadar istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Bila hari libur, maka banyak sekali grup-grup yang rafting. Beberapa bahkan ibu-ibu dan anak-anak. Sisa perjalanan cukup tenang dan pemandangan lumayan juga. Kami tiba di pos akhir, kemudian mandi dan dilanjutkan dengan makan. Ini adalah pengalaman rafting saya, dan cukup lumayan juga. Jadi kalau Anda kebetulan di Yogya dan suka petualangan, coba ajak teman-teman untuk rafting di Kali Progo, untuk memecah kebosanan setelah melihat Borobudur atau Prambanan yang mungkin sudah biasa. 

Selamat mencoba :)

A

6 comments:

qq said...

mas Ari.. seru tuh, main di Elo.. saya juga pernah.. Eh mas, ada yg lebih seru lho.. ini saya kasih linknya.. :-) http://www.qaround.com/2010/04/tubing-di-kali-anyar-solo.html

AieSha said...

Sungai Pekelem di Probolinggo lumayan juga ya untuk WWR... Lihat pada gambar, indah sekali keadaannya...

Ariy said...

QQ Tubing di Kali Anyar Solo? aku blm buka linknya sih...tapi itu kali kan jadi pusat beribu saluran wc di solo?

Aie Sha: aku blm pernah rafting sebelumnya. Beberapa temen sempat menyinggung soal Probolinggo

qq said...

Hahaha.. iya mas.. abis itu badan jd gatal2... :-D
nggilani,,tp bakal tak terlupakan.. :-p

Rudy Aryanto said...

Mas ari kl rafting lg ajak sy ya..

CitraElo Rafting said...

Terima Kasih Reviewnya kak, Salam Dari Basecamp CitraElo ( Rafting Arung Jeram Magelang ) :)

http://citraelo.com