Monday, May 28, 2012

Trip Bareng - Travelicious Solo

Travelicious Solo :  
periode 1 : 15 - 17 Juni 2012 ( 2D/2N)
periode 2 : 29 Juni - 1 Juli (2D/2N) bonus nonton Solo Batik Carnival 2012.

Spot wisata tujuan:  Solo City Tour, Pusat Kuliner Solo Galabo, Keraton Kasunanan Surakarta, Hunting Batik Murah di Pasar Klewer, Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu, Foto-foto di Kebun Teh Kemuning, Air terjun Grojogan Sewu, Pasar Buah Tawangmangu, Night Weekend Market di Ngarsopuro, Pasar Antik Triwindu, etc.

Hari pertama (setengah hari/persiapan & kedatangan) :

a. Kedatangan peserta, antara pagi-sore. Kemudian check in di Guesthouse/Homestay  yang telah disiapkan. Alternatif penginapan (tergantung ketersediaan kamar mengingat long weekend:

1.Cakra Homestay, Kauman 
Kamar ber-AC, kamar mandi dalam, satu kamar berdua, fasilitas kolam renang. Konsep kamar bernuansakan rumah Jawa kuno.















2. Srikaton Homestay:
Kamar ber-AC dan non-AC (tergantung ketersediaan), kamar mandi dalam. Satu kamar bervariasi mengingat tipe kamar-kamar di sini ada yang untuk kapasitas dua orang per kamar hingga empat orang. Nuansa Homestay adalah rumah Jawa kuno.


















b. Kelar check in dan berbenah (mandi, ishoma, etc), sekitar pukul 15.00 WIB, jalan-jalan ke Pasar Antik Triwindu, Pusat Grosir Solo hunting batik murah, hingga maghrib (yang ingin sholat bisa langsung ke Mesjid Agung) yang merupakan satu kawasan. 

c. Makan malam di Pusat Kuliner Galabo untuk mencicipi makanan khas Solo.
d. Sisa waktu bisa dipakai jalan-jalan di downtown.

Hari Kedua :

a. Pukul 08.00 WIB siap-siap sarapan menuju ke Soto Triwindu
b. Kelar sarapan langsung berangkat menuju ke Candi Sukuh. Perjalanan kurang lebih 1,5 jam dan disediakan mobil. FYI: Candi Sukuh disebut-sebut sebagai candi erotis di Indonesia. Relief-reliefnya menggambarkan hal persenggamaan, alat-alat reproduksi, etc. Berada di ketinggian 910 mdpl, suasanya sejuk dan berada di lereng Gunung Lawu. Posisinya berada di atas bukit dengan pemandangan indah.

Estimasi waktu untuk mengeksplorasi Candi Sukuh sekitar satu jam-an. Kelar dari Candi Sukuh, mampir sebentar ke Kebun Teh Kemuning untuk berfoto-foto. Sekitar pukul 12.00 WIB, menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu, di Tawangmangu. Makan siang bisa dijadwalkan sebelum atau sesudah ke air terjun. Makan siang bisa menikmati kuliner pecel ndeso di Pasar Buah Tawangmangu sekalian kalau ingin belanja buah-buahan segar.  









Tawangmangu adalah air terjun yang berada di Lereng Gunung Lawu, dengan ketinggian air terjun 80 meter, dan diberi nama Grojogan Sewu. Kawasan Grojogan Sewu juga merupakan kawasan hutan yang menjadi habitat jenis kera ekor panjang, yang biasanya berkeliaran dan berinteraksi dengan pengunjung.
Estimasi waktu menikmati Tawangmangu sekitar 2 jam, sebelum kembali ke Solo sore harinya.

Pukul 16.00 (kurang lebih) dijadwalkan sudah kembali ke Solo, balik ke penginapan, istirahat dan mandi atau pilihan lain mampir ke Taman Balekambang (jika masih buka). Malamnya menuju ke Weekend Night Market di Ngarsopuro. Peserta bisa belanja souvenir dan menikmati suasana malam yang khas di Ngarsopuro, yang ada hanya di setiap malam minggu. Kelar dari sini, makan malam nasi liwet atau gudeg cakar di kawasan Keprabon. Sisa waktu bisa digunakan peserta untuk aktivitas bebas.

Hari Ketiga (Terakhir):

a. Pukul 07.30 Sarapan di Timlo Sastro (makanan khas Solo), mampir ke Pasar Gedhe menikmati kuliner dawet telasih khas Solo.


b. Pukul 09.00 menuju ke Keraton Kasunanan Solo, menikmati lingkungan keraton, museum dan peninggalan Kerajaan Mataram Islam di Jawa. Estimasi waktu hingga pukul 11.00. 

c. Pukul 12.00 makan siang di RM Kusuma Sari, salah satu rumah makan legendaris di Solo dengan menu khas Selat Solo. Acara ini sekaligus sebagai "farewel party" sebelum peserta kembali ke kota-nya masing-masing.

Ketentuan mengikuti  kegiatan Trip "Travelicious Solo":

a. Biaya Trip: Kontribusi Rp 450.000/ peserta

b. Biaya Sudah Termasuk:
- Penginapan twin/sharing di Guesthouse 2D/2N
- Transportasi menuju ke Tawangmangu, Candi Sukuh, etc
- Tiket masuk ke seluruh spot yang berbayar.
- Penjemputan saat kedatangan.

c. Biaya Tidak Termasuk:
- Transportasi menuju ke dan dari Solo
- Makan
- Pengeluaran lain-lain yang sifatnya pribadi.
d. Pendaftaran:

1. Peserta berumur di atas 17 tahun.

2. Jumlah peserta dibatasi hanya 8 orang dalam satu kali periode trip. Bagi yang berminat serius diminta mengirimkan email data diri ke : fulltimebackpacker@gmail.com. Bila kuota 8 sudah terpenuhi, trip bisa dilaksanakan. Peserta yang mendaftar di awal untuk memenuhi kuota 8 yang akan ditetapkan menjadi peserta trip.

3. Setelah mendapatkan konfirmasi dan dipastikan mendapatkan tempat, peserta diminta mengirimkan fotokopi (scan) KTP/Paspor ke email : fulltimebackpacker@gmail.com

4. Untuk trip periode 15-17 Juni 2012, peserta diwajibkan membayar uang muka 50% dari biaya trip atau Rp 225.000 paling lambat tanggal 6 Juni 2012. Pelunasan keseluruhan biaya paling lambat diterima tanggal 12 Juni 2012.

5. Untuk trip periode 29 Juni - 1 Juli 2012, peserta diwajibkan membayar uang muka 50% dari biaya trip atau Rp 225.000 paling lambat tanggal 20 Juni 2012. Pelunasan keseluruhan biaya paling lambat diterima tanggal 25 Juni 2012.

Solo Batik Carnival (foto:banggaIndonesia.com)



Solo Batik Carnival (Foto: sidomi.com)

3 comments:

Chen An said...

wah.. menari banget.. *numpang ngepost ke FB yaah..
kemungkinan ada untuk daerah lain nggak? Medan misalnya.. :D

Ariy said...

silakan. Siap. Makasih lho. Medan belum, nanti kalau memungkinkan bisa digarap.

outbound malang said...

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.