Saturday, June 9, 2012

Thailand, do's & don'ts

photo: globaltoynews.com
1. Jangan merokok sembarangan di Thailand bila tidak ingin kena denda. Di sejumlah public space secara jelas terdapat peringatan tentang larangan ini, misalnya di kuil-kuil¬, stasiun kereta api, hingga bandara. Bila melanggar, ancaman denda 2.000 Baht atau sekitar Rp 600.000. Iseng-iseng saya pernah menanyakan bagaimana mereka mengenakan denda kepada yang nekat? Kata warga setempat, polisi akan mendatangi kita. Memang saya belum menemukan bukti soal ini, karena saya lihat banyak orang masih terlihat merokok di sembarang tempat. Namun, anda tidak mau berisiko tentunya kan?

2. Minuman: Jangan minum air sembarangan. Minumlah air dalam kemasan atau air yang sudah dimasak bila tidak ingin kena diare.

3. Makanan: Thailand kaya akan makanan tradisional yang lezat dengan aroma dan rasa bumbu yang kuat. Bagi yang tidak mengkonsumsi daging babi, harus benar-benar hati-hati. Mostly, mereka menggunakan daging babi. Cari rumah makan halal masih relatif mudah, masih mudah menemukan food street yang halal. Hati-hati dengan roti-roti yang dijual di jaringan 7Eleven, baca benar bungkusnya, karena sebagian besar mengandung daging babi.

4. Pakaian: Gunakan kaos bahan katun ringan bila jalan-jalan ke Thailand. Ini akan lebih nyaman. Namun, di musim-musim tertentu, seperti bulan November-Januari, siapkan light jacket, untuk sekadar menghalau dingin. Berpakaianlah yang sopan ketika memasuki temple-temple di Thailand. Khususnya cewek, hindari memakai celana pendek, hot pants, tank top, atau rokok mini.

5. Sandal: Ini perangkat wajib bagi yang suka jalan-jalan dengan nyaman. Sangat disarankan untuk menggunakannya.

6. Lepas Alas Kaki: Masuk ke rumah orang Thai, kita harus melepas alas kaki.

7. Jangan sentuh kepala: Menyentuh kepala orang Thai sangat tidak sopan. Kalaupun terjadi secara tidak sengaja, segera minta maaf.

8. Bagi laki-laki jangan menyentuh perempuan Thai tanpa ada kesepahaman, karena pada dasarnya perempuan Thai sangat konservatif.

9. Di Bangkok, hingga tulisan ini dibuat, setiap pukul 18.00, di area publik selalu diperdengarkan lagu kebangsaan. Saat itu, semua orang akan berdiri, berhenti beraktivitas, hingga lagu kebangsaan selesai diperdengarkan. Bagi orang asing, hormatilah dengan melakukan hal serupa. Hentikanlah aktivitas dan ikut berdiri.

10. Jangan buang sampah sembarangan: Meskipun di banyak sudut jalan di Thailand kita mudah menemukan sampah berserakan, namun jangan membuang sampah sembarangan. Pengalaman saya bisa jadi contoh. Saya harus malu hati saat membuang bungkus obat tetes mata di jalan, dan tiba-tiba saja teman saya keluar mobil dan mengambil kembali bungkus itu dan membuangnya ke tempat sampah tanpa bicara apapun. Duh, malunya saya !!

4 comments:

Anonymous said...

Jangan minum sembarangan?
Emang air di sana tidak dimasak dengan baik atau emang kondisi airnya buruk?

Ariy said...

sebenernya ini berdasar pengalaman liat temen yg diare berat minum air es. Intinya air kran ga drinkable. Tapi ini bs terjadi dmn saja, kyk di indo, byk es yg dibikin dari air mentah. Utk antisipasi aja

outbound malang said...

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Yudi Darmawan said...

dari listnya,
kayaknya orang thailand itu cukup disiplin ya,
dan menjaga kultur juga,
tapi kok rasanya lebih keren dari di indonesia ya..