Saturday, July 28, 2012

Pancake Durian (Medan)

Suasana di Durian House
Aneka makanan berbahan dasar durian menjadi salah kuliner yang pantas diburu di Medan, misalnya saja Pancake Durian. Namun, saat kita tiba di Medan, mungkin akan terbengong-bengong demi melihat dua potong Pancake Durian yang memang relatif mahal. Bila ingin cari yang agak miring, Anda bisa menuju ke Durian House. Inilah tempat yang menjadi tujuan awal pertama kali saat ingin mencicipi Pancake Durian. Nah, Pancake Durian di Durian House relatif lebih murah harganya. Dua potongnya, atau satu kemasan kotak plastic kecil, dihargai hanya Rp 7.500, untuk satu kotak berisi 10 biji, dijual Rp 80.000. Buat oleh-oleh, ini lebih ekonomis. Tetapi memang tidak bisa bertahan lama. Di tempat lain bisa tiga kali lipatnya. Pancake Durian di sini bentuknya hampir sama dengan satu biji durian itu sendiri, dengan tanpa pewarna, sekilas kita seperti menikmati durian asli. Kulit pancakenya tipis dan lembut, dengan rasa durian yang dominan. Not bad-lah. 
Pancake Durian
Variasi lainnya, cobalah pie durian yang harga sedikit lebih murah. Pie durian satu bijinya Rp 6.500. Produk-produk lainnya misalnya Bolu Gulung Durian dijual Rp 40.000 – Rp 50.000 per platnya, Brownies Durian Rp 40.000. Selain itu mereka juga punya produk turunan lainnya, seperti Lempok Durian, Dodol Durian yang harganya di kisaran Rp 10.000.
 
§     Durian House
Jl Krakatau No 43-43 A, Medan
Telp : 061- 6629546

Pancake Durian Nelayan
Durian House menjadi pilihan ekonomis untuk mendapatkan pancake durian. Tetapi kalau Anda punya budget lebih, dan ingin pancake yang lebih nendang juga rasanya, silakan langsung menuju Rumah Makan Nelayan, yang ada di Merdeka Walk atau di Sun Plaza. Beda pancake durian di Nelayan dengan di Durian House, adalah kulit pancake di Nelayan berwarna hijau muda dari campuran daun pandan, dan sedikit lebih tebal (meski bagi kami masih tetap tipis) sehingga kita bisa membelah dua tanpa lengket. 
Lapisan lain adalah krim sebelum kita menikmati daging durian asli di dalamnya. Rasanya memang lezat, maklum harganya untuk dua potong (satu porsi) adalah Rp 25.000. Oya, Rumah Makan Nelayan ini juga terkenal dengan Chinese food-nya. Dim Sum hingga kwetiaw, dan makanan Chinese  lainnya komplet, dengan harga Rp 20.000 ke atas satu porsinya. Bila Anda penikmat makanan lezat, ini salah satu tempat yang pantas Anda kunjungi, meski harganya memang relatif lebih mahal.
§