Friday, July 27, 2012

Rawon Setan (Surabaya)

Rawon yang cukup legendaries adalah Rawon Setan. Namanya sih serem, seserem harganya hehehe. Ini adalah warung nasi rawon yang legendaris di Surabaya yang konon sudah ada sejak tahun 1957. Lokasinya di Jl Embong Malang, seberang Hotel JW Marriot Surabaya. Kata orang, kalau ke Surabaya belum mencicipi Rawon Setan belumlah ke Surabaya. 

Hmmm…apakah senikmat itu? Kalau lezat atau tidak menurut saya selera saya. Bagi saya, rasanya standar rawon, dan soal rasa tidak seheboh harganya. Nah yang belum tahu apakah itu rawon, rawon adalah kuah daging sapi berwarna hitam pekat dengan bumbu kluwak (atau dalam bahasa Jawa Timur biasanya disebut kluwek) lengkap dengan daging sapinya, dan dibubuhi dengan bawang goreng. Makannya dengan nasih putih, dan biasanya dilengkapi dengan tauge besar dan perasan jeruk nipis serta sambal terasi. Sementara lauk pelengkapnya bisa telur asin atau kerupuk udang. Satu piring rawon campur nasi dihargai Rp 16.000,00. Sementara kalau menu rawon terpisah dengan nasi dihargai Rp 24.000,00. 


 Saya memesan menu campur dan di depan saya tersedia satu piring rawon dengan tiga potong daging yang ukurannya tidak besar. Hmm, bila Anda ingin yang harga miring, maka Anda akan menemukan banyak warung nasi rawon dengan harga Rp 10.000,00 atau bahkan kurang, dengan rasa tak kalah nikmatnya. Namun, mengunjungi Warung Rawon Setan bagi saya adalah mencoba pengalaman dan merasakan kelegendarisan warung ini. Selebihnya? Saya harus cari makan lagi karena perut belum juga kenyang setelah melahap satu porsi hahahaha.

No comments: