Wednesday, September 5, 2012

Ngeteng Pakai Kereta Api Singapura - Malaysia

Hey Journer,
Bagi sebagian orang, traveling sebenarnya adalah saat perjalanan itu sendiri, bukan lagi soal destinasi. Kebanyakan memang menganggap destinasi itu penting, sebagian lain menganggap baik proses perjalanan maupun destinasi sama-sama penting, sebagain lainnya lagi menganggap gak penting mau kemana yang penting jalan.

Kalau saya sih, cenderung dua-duanya penting. Saya suka proses perjalanan itu, tapi juga menikmati destinasinya, touristy places-nya, dan lain sebagainya. Maka tak heran bila kemudian ada orang-orang yang sangat menikmati perjalanan dengan kereta api, perjalanan dengan bus, bahkan lebih excited terhadap proses itu daripada memikirkan kemana kereta api itu akan menuju.

Nah, ngomong soal kereta api (ujung-ujungnya ke sini juga, tapi muteeeer aja) hueheuehe, banyak yang nanya nih, gimana rasanya ya naik kereta api dari Singapura - Malaysia? Saya mau mencoba berbagi pengalaman saya. Alasan saya naik kereta api apa? : alasan pertama sih dulu karena ingin menikmati kereta api di luar negeri. Alasan kedua memang karena ini transportasi yang memungkinkan saya mencapai tujuan dengan mudah. Alasan ketiga (khusus untuk kereta api di Thailand) adalah karena tiketnya yang murah.
"Tetapi perlu saya tegaskan di sini, kalau alasan Anda semata-mata karena ingin mendapatkan harga murah dibandingkan pesawat misalnya, mungkin tidak sepenuhnya benar. Karena naik kereta api di negara tertentu justru tiketnya lebih mahal."

Oke, kita mulai saja cerita perjalanan kereta api dari Singapura - Malaysia:

Patung di Gedung Stasiun Tanjong Pagar
 Ini cerita tahun 2009, perlu saya tegaskan di sini supaya nanti  yang baca tidak menyebut saya menyesatkan hanya karena mereka tidak teliti membaca. Jadi, pada tahun itu, stasiun kereta api di Singapura adalah Stasiun Tanjong Pagar. Sekarang stasiun keretanya adalah di Woodlands. Banyak yang menyayangkan ditutupnya Tanjong Pagar atau akrab juga dengan sebutan Keppel Road. Karena stasiun ini memiliki sejarah yang panjang.
Pada waktu itu, saya tidak berpikir panjang saat membeli tiket kereta api. Harga tiket yang saya baca di internet adalah 34. Mata uang apa? Nah inilah kesalahan saya. Ternyata, kereta api dari Singapura ke Malaysia menggunakan mata uang Dollar Singapura (SGD).

Sebaliknya, bila dari Malaysia-Singapura menggunakan mata uang Ringgit Malaysia (RM). Jadi pas saya beli tiket, yang ada di benak saya masih harga RM, 34 RM atau sekitar Rp 100.000. Tapi pas tiba di loket, ternyata saya harus bayar 34 SGD atau sekitar Rp 230.000. Nah....mahal kan? Tapi akhirnya tetap saya bayar. Saran saya sih, kalau memang tidak penasaran dengan kereta api, mending cari tiket pesawat, karena banyak tiket murah Singapura-Malaysia.
Suasana lengang di Stasiun Tanjong Pagar
Tetapi lumayan menjadi pengalamanlah. Naik kereta api lintas negara kayak gini juga harus siap-siap repot. Waktu masih di stasiunnya dan mau masuk ke kereta api, checking bagasi kita sangat ketat. Backpack saya yang sudah saya packing rapi musti di bongkar. Setelah itu kereta jalan, beberapa saat kemudian masuklah kita di check point  imigrasi, antre cukup lama karena melayani semua penumpang kereta api.
Kalau soal gerbong kereta api, lumayan bersih. Kursinya nyaman model kelas eksekutif kereta api di Indonesia. Ada masing-masing TV layar datang di pojok-pojok gerbong. Kereta yang saya tumpangi adalah KA Senandung Malam No 12, tujuan KL Sentral.
Kalau memang Anda ingin naik kereta api dari Singapura - Malaysia, berikut timetable paling update  yang saya ambilkan dari situs www.seat61.com. Situs ini pula yang kerap jadi acuan saya bila ingin naik kereta api. Situs ini terpercaya dan mengupas semua kereta api di seluruh dunia:
  • Singapura (Woodlands) - KL Sentral (Malaysia): 08.45 (berangkat) - 14.56 (tiba) // 13.45 - 20.25 // 23.30 - 06.30.
  • Kereta ini hanya memiliki dua kelas, yaitu 1st class (premier) yang kursinya bagus dengan model reclining, dan tentu saja dengan AC. Serta 2nd class (superior) dengan kursi yang cukup nyaman dan AC. Perlu saya ingatkan juga, AC di kereta api sangat dingin, jadi sediakan jaket.
  • Harga tiket yang paling baru ternyata tidak jauh berbeda dengan tahun 2009. Malah harga tiket kelas 2 masih juga 34 SGD, sementara untuk kelas 1 adalah 68 SGD. 
Gerbong kelas 2. Foto: seat61.com
Meski saya belum pernah melalui Woodlands, karena saya dulu melalui Tanjong Pagar, tetapi saat saya cek bagaimana cara ke Woodlands sangat mudah sekali. Karena memang ada MRT yang langsung menuju ke Woodlands.
Saya tidak tahu apakah ini kerugian atau keuntungan, tetapi saat saya memilih kereta api jam 23.30, maka yang saya dapatkan selama perjalanan adalah pemandangan hitam gelap gulita hahahaha.
Gerbong kelas 1. Foto: www.seat61.com
Keuntungannya, saya ngirit penginapan karena bisa tidur di kereta. Nah, silakan tentukan pilihan Anda. Kalau pengen mendapatkan pemandangan, ya silakan pilih kereta pagi atau siang. Tetapi perlu diketahui saja, pemandangan perjalanan kereta api Singapura - Malaysia tidak terlalu indah, paling hanya perkebunan kelapa sawit atau pemandangan stasiun dan perkampungan kecil sekitar rel.
Pagi hari, sekitar pukul 07.00, saya sudah tiba di KL Sentral. Dan secara umum, meski meleset sedikit saat tiba di Malaysia, secara umum kereta tepat waktu. Berangkat dari Singapura juga on time. Nah, bedanya dengan naik pesawat Singapura - Malaysia adalah, kalau naik kereta api, Anda langsung tiba di KL Sentral yang berada di tengah Kota Kuala Lumpur. KL Sentral adalah hub transport di KL. Dari sini Anda bisa keliling kota  atau menuju ke hotel Anda dengan meneruskan perjalanan menggunakan LRT. Gampang dan mudah. 

Selamat mencoba, journer !

A

18 comments:

Unknown said...

hallo mas ari,
kl saya liat di jadwal kereta ktmb kok tidak ada ya kereta malamnya, padahal saya dari singapore pingin nengok ke malaysia naik kereta malam nanti baliknya ke singapore malam lagi.., jadi ga ada nginep di malaysia...apa saya yg salah liat jadwal?? mohon infonya ya tx..

Ariy said...

ada kok. Yang ini: Singapura (Woodlands) - KL Sentral (Malaysia): 08.45 (berangkat) - 14.56 (tiba) // 13.45 - 20.25 // 23.30 - 06.30.

have a nice trip yak

Iwok said...

Wohohoho .. info yang sangat pas dengan kebutuhan saya saat ini. rencananya Mei nanti akhirnya saya bakalan pergi sendiri, dan ga bareng keluarga. Drpd 4 hari muter-muter sendiri di Spore, rencananya mau nyeberang sejenak ke KL. Dan saya memang lagi nyari info tentang kereta api Spore-KL ini.
Tengkyu Mas Ari atas informasinya :)

Nugie Santos said...

Dulu saya pernah pakai kereta dari singapura ke malaysia dengan kereta api tetapi dapet tiket yang tidur ada kasurnya gitu sekarang apa masih ada ya ?

Putro Jaler said...

mas saya TKI yang bekerja di malaysia.
jika saya ingin pergi ke sinngapura dengan menggunakan paspor TKI kira kira bisa nggak mas?

Ariy said...

@Nugie Santos kelas sleeper ya? saya kurang tau pasti apakah masih ada untuk singapore-malaysia.

@Putro Jaler
Saya mendengar tentang kebijakan paspor TKI satu arah yang dikeluarkan pemerintah. Menurut saya, itu kebijakan konyol dmn pemerintah memberikan paspor hanya untuk perjalanan ke satu negara saja. Jadi misalnya mas paspor TKI-nya hanya untuk bekerja di Malaysia, maka mas tdk bisa jalan2 ke negara lain dgn paspor TKI-nya. Konon, untuk jalan2 ke negara lain, harus lapor KBRI dulu. Menurut saya, lebih baik mas tanya dulu ke KBRI sebelum jalan2 ke Singapura daripada kena masalah. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya mas.

Anonymous said...

Dulu penasaran banget pengen nyoba kereta api ini, tapi pas hari H, kereta sedang tidak beroperasi :'(
Akhirnya ke Singapura naik bis, dan balik ke KL pake MRT sampe Woodlands & oper bus ke Johor Bahru.

Semoga lain kali bs naik KA api ini #Wish

nizar said...

Mas yg di kelas 2 itu ada colokan buat ngechas hp gak?

Ariy said...

setau saya nggak ada Zar

Anonymous said...

Mas nanya donk,,klo jadwal yg dr KL ke sing ada ga? & berapa harga tiketnya,,thx

Ariy said...

ada dua kali keberangkatan:

KL Sentral - Woodlands (Singapore:
09.00 - 16.00
23.00 - 06.35

harga tiket 34 RM

Arief Fazry said...

Mas, bisa beli tiket pas sebelum berangkat atau sehari sebelumnya?

Ariy said...

@Arief
beli di hari keberangkatan bisa kok. Saya selalu gitu soalnya.

Anonymous said...

kalo paspornya 48 halaman dan visa kerjanya multiple entry boleh kok pergi ke negara lain. tapi harus ganti alamat dulu di kbri ( alamat tempat tinggal di malaysia )

Juliette said...

Ticket kereta klo Dr Kl mendingan beli pp...Karena harganyadihitung dgn ringgit... Klo berangkat dDr spore belio one way Aja...Karena harga pake dollar spore.

Stella Lupita said...

Hallo mas, saya mau tanya. Sy dari spore-KL sekitar H-4 lebaran. Sy takut kehabisan tiket kereta. Sy kl mau beli online dr jakarta bisa tidak? Di website apa ya? Trims

Zee Muljoto said...

Bro, klo dri hatyai k bangkok gimana yah ?
Saya mau book kereta kok gabisa ?

Ariy said...

@Stella Lupita coba pakai www.easybook.com

@Zee Muljoto pakai www.thailandtrainticket.com