Thursday, September 6, 2012

Ngeteng Pake Kereta Api Malaysia - Thailand

Hey, Journer

Kalau sebelum ini, saya posting soal ngeteng pake kereta api dari Singapura ke Malaysia, sekarang saya akan coba membahas dari Malaysia ke Thailand. Bagi pecinta kereta api, tentu tidak mau melewatkan perjalanan overland lintas negara seperti ini. 

Bule-bule kelesotan di lantai stasiun
Nah, sebelum saya memulai, saya sampaikan dulu, saya belum pernah melintasi perbatasan Malaysia - Thailand dengan kereta, namun saya pernah melakukan perjalanan dengan kereta api di Malaysia dan Thailand. Rutenya sebenarnya simple banget dan gampang untuk dijalani. Saya akan mencoba memberikan gambaran mudah, bagaimana menempuh perjalanan kereta api untuk melintasi dua negara ini.
Bila ingin memulai perjalanan kereta api kemana pun di Malaysia, paling mudah adalah memulainya dari KL Sentral, hub transportasi darat (kereta api) utama di Kuala Lumpur. Nah, untuk menggapai Thailand, maka pilihan rute kereta api adalah yang ke utara. Ini gambaran rutenya:
  • KL Sentral (Kuala Lumpur) - Butterworth (Penang) - Hatyai (Thailand Selatan) - sisanya tinggal dilanjutkan mau menuju ke Bangkok bisa, Phuket bisa ganti bus, atau yang lainnya.
  • Atau Anda bisa men-skip Butterworth, dan langsung mengambil rute KL Sentral (Kuala Lumpur) - Hatyai (Thailand Selatan) - sisanya kembali silakan tentukan sendiri mau kemana.
Berikut jadwal update yang saya ambilkan dari situs andalan saya, www.seat61.com:
  • KL Sentral - Butterworth (Penang) : 08.45-16.15  // 14.56- 21.20 // 23.00 - 06.30
  • Butterworth - Hatyai (Thailand) : 14.20 - 18.30
  • KL Sentral - Hatyai (tanpa berhenti di Butterworth) : 21.20 - 10.27 (next day).  
  • Hatyai - Bangkok : 18.45 - 10.30 (next day).
Tiket untuk kereta api ini:
  • KL Sentral - Butterworth : 17 RM (kelas 3), 34 RM (kelas 2), 67 RM (kelas 1), 43 RM (kelas 2 dengan tempat tidur/sleeper), 85 RM (kelas 1 dengan tempat tidur/sleeper). Tahun 2012, saat saya naik kereta ini, saya tidak mendapatkan gerbong kelas 3. Pilihan paling murah adalah kelas 2. Entah apakah ditiadakan atau ada alasan lain.
  • Atau langsung ambil kereta api KL Sentral - Hatyai dengan 44 RM (kelas 2 duduk) atau 57 RM (kelas 2 sleeper). 
  • Untuk tiket Hatyai - Bangkok paling murah 339 Baht atau sekitar Rp 100.000.
Keterangan: Bila Anda ingin menikmati George Town (Penang) sejenak, Anda bisa memilih rute pertama KL Sentral - Butterworth, dan pilih yang kereta api overnight berangkat jam 23.00. Sampai di Butterworth masih pagi, lalu menyeberang pakai ferry ke George Town (sekitar 20 menitan). Anda bisa jalan-jalan sampai jam 12.00, kemudian balik ke Stasiun Butterworth untuk melanjutkan perjalanan kereta api yang berangkat jam 14.20. Perjalanan overnight ini cukup mengirit budget menginap. Memang Anda melewatkan pemandangan (sebenarnya biasa aja, seperti biasa pohon kelapa sawit) selama perjalanan Kuala Lumpur _ Butterworth. Tetapi sebagai gantinya, Anda bisa mendapatkan sunrise saat menyeberang dengan ferry ke George Town (baca tulisan bagian jalan-jalan ke Penang).

Suasana ruang tunggu Stasiun Hualamphong, Bangkok
Nah, bagi yang ingin melanjutkan ke Bangkok, tentunya akan sangat melelahkan. Asumsi berangkat dari KL misalnya malam sampai Hatyai saja sudah besok siang. Sorenya lanjut lagi ke Bangkok sampai Bangkok besok siangnya lagi. Dua hari perjalanan !! hahahaha...siap?

Gerbong kereta api kelas 3 (ekonomi) di Thailand.
Pengalaman saya naik kereta api, saya belum pernah naik kelas 3 (yang paling jelek nih) di Malaysia, karena tidak pernah tersedia kursi (tidak jelas apakah ada gerbong kelas 3 atau tidak). Nah, di Malaysia, saya naik kereta api paling jelek kelas 2, dan gerbongnya nyaman, kursinya bagus. Sedangkan di Thailand, saya selalu naik gerbong kelas 3, yaitu pernah dari Chiang Mai - Bangkok (semaleman), dan Bangkok - Surat Thani (berangkat petang sampai Surat Thani pagi) lalu lanjut bus ke Phuket. 

Bagaimanakah kondisi gerbong kelas 3 di kereta api Thailand? sama dengan gerbong kereta api ekonomi di Indonesia, karena memang kereta api di Thailand itu produksi Indonesia. Bedanya, gerbong kelas 3 di sini tidak berjubel, tidak berebutan, cenderung longgar. Mungkin karena penduduknya tidak sebanyak di Indonesia. Bedanya lagi, kereta api kelas 3 di Thailand selalu penuh dengan bule dengan backpack segede bagong. Seruu.

Bagaimana cara membeli tiket kereta api? apakah bisa beli tiket di hari yang sama? Baik di Malaysia maupun di Thailand, mudah mendapatkan tiket di hari yang sama (kecuali mungkin pas high season). Kalau waswas takut kehabisan tiket, bisa membeli H-1, dan langsung ke loket-loket di stasiun. Mudah.

Selamat mencoba, journer !

A

58 comments:

Anonymous said...

kak,kalo kelas sleeper maksudnya apa ya?terima kasih :)

Anonymous said...

kelas sleeper maksudnya apa kak?sama kelas 2 seat? makasih

Ariy said...

kalo sleeper itu model tempat tidur. Jadi biasanya untuk jarak jauh, overnight train.

kelas 2 seat itu kursi biasa, tapi model kursinya beda dengan kelas 1 seat. Lebih nyaman yang kelas 1.

Anonymous said...

Hello! Did you have any problems during your stay in Thailand?

Anonymous said...

Hello! Did you have any problems during your stay in Thailand?

Ariy said...

not really, i mean...i don't say it as a problem. For example, i got some problems with scammers. But, i can handle it.

ryan said...

Gan rencana ane mau ke KL nih tapi pengin sekalian ke bangkok via darat..
Lebih enak naik kereta atau bus gan?
Kira2 apa saja yg mesti diperhatikan kalo naik kereta gan?

agus m irkham said...

mas, untuk hostel atau gueshouse yang dideket2 pasar seni, kualalumpur, ada referensi gak ya? atau yang di hotel serai in yang di dekat masjid jamek itu, untuk menuju ke Serain in, rutenya kalau dari KL center naik apa? rate tarif permalamnya berapa RM?

thanks.

Ariy said...

di sana banyak sekali hostel/guesthouse. Di sekitar 8 USD kurang lebih ya atau paling parah kalikan Rp 10.000. Jadi Rp 80.000/mlm. Ini utk kamar dorm. Coba klik link ini:

http://www.hostelbookers.com/results/loc/dd/dst/3223/arr/2013-02-13/ngt/2/ppl/1/#/hos=true/hot=true/apt=false/cam=false/gue=true

kalo ingin liat harga pastinya, kamu ganti aja di kolom tanggalnya, sesuaikan dengan kebutuhan mas. Oya, kalau yg dekat pasar seni itu namanya Petaling Street atau mereka biasa memberikan keterangan lokasi "chinatown".

Serai Inn itu jalan kaki sekitar 5-10 menit dari Stasiun LRT Masjid Jamek. Tempatnya agak tersembunyi, tapi ada penunjuk arah kok. Di hostelbookers (link di atas) asumsi jalan pada februari, tarif per malamnya 12 USD atau sekitar Rp 120.000.
Sedikit lebih mahal sih kamar di Serai Inn, tapi so far saya suka karena kebetulan saya pengen lebih tenang dan sepi. Cuma, ke mana-mana ya harus naik LRT, karena sekitar hostel ini tdk ada yg menarik.
Cara ke Serai Inn, dari KL Sentral naik LRT ke stasiun LRT Masjid Jamek (deket kok) lalu jalan kaki.


Saran saya, cari di Petaling Street, biar dekat dengan Pasar Seni. Petaling Street sendiri setiap malam kayak pasar malam. Cari apa2 mudah.
Cara ke Petaling Street atau Pasar Seni: dari KL Sentral naik LRT menuju Stasiun LRT Pasar Seni (dekat jug) lalu jalan kaki.

Semoga membantu.

Ariy said...
This comment has been removed by the author.
agus m irkham said...

lengkap banget :) thanks.

Anonymous said...

Mas ari bisa minta pin bbnya gak,sapa tau bisa nanya2 kalo pas sy berpergian,email aja mas ke carlofa@rocketmail.com ya mas,salam persahabatan

Anonymous said...

Mas mau tnya sy brngkt dari KL ke Thailand tgl 28 januari 2013 sampex kira2 tgl brpa ya mas??trus kalo budget 2.500.000 atau sktr 8000 THB cukup gak buat 2org di thailand slama 8hr...mohon di respon!
Makasih sebelumx mas

devi_sk said...

Mas Ariy tanya dong, jadi di Butterworthnya itu modelnya seperti transit begitu? atau pas kita mau melanjutkan perjalanan dari butterworth pukul 21.20 itu ke hatyai kita harus bayar lagi?

thanks infonya :)

Ariy said...

bukan. Itu ganti kereta, bayar lagi.

Anonymous said...

Mas, saya lagi di phuket. Kalau mau ke KL pake kereta yg paling murah gmna akses dari sini nya mas? Kira kira habis brp? Makasih mas

Ariy said...

Naik bus dari Phuket ke Hatyai dulu, baru naik kereta Hatyai - Butterworth - Kuala Lumpur. Untuk harga, coba cek di www.seat61.com.

Anonymous said...

Mass .. Infonya sngt bermanfaat ..

Kalo dibandingkan dri KL - Bangkok menggunakan bus, lebih murah mana mas dibandingkan kreta? Rutenya tau gak?
Thx bantuanya .

Mely said...

mas ariy, kalo dari butterworth mau ke george town naik apa? berapa lama? dan berapa harganya ? thanks before yaah :)

Ariy said...

Menurut saya, lebih murah kereta. Ini kalau mau naik yang kelas 3 yak. Rute-nya : KL-Butterworth - Hatyai - Bangkok.

@Mely: dari Butterworth (stasiunnya) jalan kaki dikit ke pelabuhannya, nyebrang pake fery 2 RM (cek lagi), lalu turun dari fery sudah ada terminal bus. Naik aja Cat Shuttlebus yang gratis di halte depan terminal. Busnya nanti ada tulisan kok.

Anonymous said...

Mas ariy, klo dari bangkok ke kl ada kereta malam yg sleeper gt ga ya? Perjalanan brp jam? Dan harga tiket berapa ya? Naik kereta suka ada pedagang asongan ato tkg ngamen gt ga mas? Makasih

feri said...

mas ary bagi pin dong mau tanya2 nih...

Anonymous said...

Klo soal visa bagaimana? Misalny dr Jakarta ke KL naik pesawat.. Dan dr Malaysia ke Thailand naik kereta.. visa thailandny bagaimana? Apakah ada imigrasi di stasiun?

Terima kasih.

Ariy said...

di negara2 ASEAN kita nyaris bebas visa, ada sih yg pake Visa On Arrival. Ke Thailand jg gak pake visa. Hanya dilakukan pemeriksaan paspor. Kalau pake kereta, biasanya kereta akan berhenti di perbatasan, penumpang turun untuk pemeriksaan paspor.

Unknown said...

hai... makasih banget mas, tulisannya banyak membantu.. apalagi pecinta travelling by train spt saya.. terima kasih juga kalo mas bersedia memberikan pin bb / no telp ke email sy : deasyuthe@yahoo.com.
sy ada rencana ke thailand bln maret ini.. tq

Ariy said...

Thanks Deasy, sudah mampir. Kalau mau nanya2, silakan via email saja ya: bervakansi@gmail.com

Wisnu Pramudya said...

"Menurut saya, lebih murah kereta. Ini kalau mau naik yang kelas 3 yak. Rute-nya : KL-Butterworth - Hatyai - Bangkok."

Mas saya berencana ke thailand dr KL rutenya seperti itu, jadi stay di kl, trs penang dulu baru lanjut bangkok via hatyai pake kelas 3.
biar waktu ga kebuang2 enaknya dr butterworth naik kereta jam yg brp ya mas? dan rates total ampe bangkok brp ya kira2?

thanks

Anonymous said...

Mas.. Mau nanya nih.. Kebetulan kami berangkat ada anak2 yang ikut (10tahun). Biasa kalau anak2 beli 1 tiket atau tidak perlu tiket (kelas sleeper) berhubung dianya tidur sama ibunya. Tiketnya hitung perkepala atau gmn? Thx

Ariy said...

kalo anak 10 tahun dihitung per kepala. Lagian, bed-nya itu kecil, seukuran orang dewasa, agak susah kalo berdua Mbak.

micHaaN said...

gmn klo tripny dr bangkok ke KL? utk tau jam2 keberangkatan kereta sama tarifnya kemana kak? tiket keretany bisa pesen online ga?

Ariy said...

info lengkap, buka www.seat61.com dan klik negara keberangkatan. Misalnya mau berangkat dari Bangkok, ya klik bangkok. Nanti ada tautan ke tujuannya, misalnya Bangkok-KL - Singapore. Di situs ini juga update soal tarifnya.

Bisa juga di Stasiun Hualamphong Bangkok langsung. Saya belum pernah booking online kereta di luar kecuali pesawat. Biasanya saya beli sehari sebelum keberangkatan di stasiunnya langsung.

Farizal said...

Thanks. Blognya informatif. Matur nuwun.

Farizal said...

Lengkap. Thanks

Ariy said...

Terima kasih Farizal sudah berkunjung.

Anonymous said...

Bang, gua mau tanya. Gua ada 3 tempat yang pengen gua kunjungin: George Town, Kek Lok Si Temple, Penang Hill. Gua start dari Butterworth jam 14.00. Menurut lu, gua mesti kemana dulu (supaya gak puter-puter) dan naik apa? Dan End Pointnya ke KL (naik apa, jam berapa (yang termalam), berapa duit?). THX.

Ariy said...

Hoi Eka,

dari Butterworth udah menjelang sore ya - jadi rutenya tetap ke George Town dulu - baru Kek Lok Si Temple - Penang Hill. Tapi aku gak yakin apakah bisa sampai Penang Hill kalo udah menjelang malam gitu. Berarti kamu stay di Penang semalem kan?

Kalo iya, jadi gini:
Butterworth - nyebrang pake Fery - Terminal George Town - naik bus Cat Shuttle aja biar gratis - turun di George Town - muter2 - naik bus lagi ke Aer Itam (cek lagi).

Untuk ke Penang Hill ada bus juga. Peta komplit (termasuk bus) bisa di liat di Terminal George Town (yg deket sama dermaga tempat kamu datang dari Butterworth (terkoneksi kok).

Nah, kalo ke KL buat variasi gak cuma kereta bisa aja naik bus dari Komtar (terminal bus di kota) menuju ke Terminal Sungai Nibong - ambil bus ke KL.

Ariy said...

Oya Eka,

kamu coba baca jalan-jalanku di Penang di bagian lain blog ini. Klik kolom Jelajah Dunia ya... nanti bisa diperkirakan berapa budget yang bisa kamu siapkan.

Anonymous said...

Gua bisa bagi kontak lu? Tapi yang sering on. Email pin it's ok. Gua mau konsultasi.

Ariy said...

@Eka Firman : via email aja ya. Saya setiap hari cek email kok. Atau di twitter saya @ariysoc

buat yang lain juga, ternyata ada beberapa pertanyaan yang keselip belum saya jawab. Silakan japri saya langsung aja di :

email : bervakansi@gmail.com
twitter: @ariysoc

makasiiih

www.penyukajalanjalan.wordpress.com said...

baca ini...jadi kepengen nyoba kereta ke penang n hatyai...sy sdh booking tiket ke kl, pengennya sih dari situ lanjut ke kota non Malaysia seperti siem reap dll tp tiketnyagak terjangkau...akhirnya nyari alternatif yang murah saja, yang penting tidak sekedar ke kl dan singapore (udah sering banget soalnya)

gilang said...

Mas Ariy, saya penasaran waktu gnti kereta di butterworth yg mau ke HatYai itu kan bayar lagi ya?
Tarifnya berapa Y? saya cek di seat61 gak ada yg Butterworth-HatYai. Sy Cek di situs ktmb.com jg gak ada u_u

jadi,
KL - butterworth, 17 RM, 23.00 sd 06.30
butterworth- Hatyai, ??? Rm, 14.20 sd 18.30

thnks :)

Ariy said...

@Penyuka jalan2 : terima kasih sudah singgah di blog saya.

@Gilang: sudah saya balas via email ya :)

Unknown said...

aku coba bantu jawab ya klo salah tolong di revisi :)

klo dr butterworth bayar RM 5 untuk nyebrang ke pulau penangnya . pas turun samping portnya itu langsung ketemu terminal george town.
dr terminal george town bisa naik cat shuttle or rapid 301 turun di george town harritage. muter2 naik cat aja busnya itu muter ngelewatin mesjid kapitan keling dan arah bank street dan esplanade gitu. menurut ku klo mau ke kek lok si temple sebaikny dari komtar karena untuk pergi ke temple dan penang hill tsb satu jurusan naik rapid 204.

untuk naik rapid rata2 tarifnya RM 2 tp klo agak deket RM 1,20. sedangkan ke penang hill skrg ini tarifnya RM 30 pp naik trainnya tp klo one way aja RM 17 untuk dewasa.

smga bisa sedikit jadi info tambahan :)

sekarang diriku lagi nyari info neh ke KL-phuket enaknya naik apa ya yg bs bikin budget ga trlalu mahal tp bisa explorer jalan, mhn bantuannya :)

Unknown said...

M. Ary...sy mau nengok anak sy yg kuliah di UUm, sintok, kedah. Renc dr KL ke Alor star nya mau pakai kereta.
Naah baiknya sy nanti trn si stasiun mana ?
Trims

Ariy said...

Bu Ani, sudah saya balas via email yak. Mohon maaf terlambat balas.

ayu said...

haloo mas, mau tanya..
klo perjalanan naek kereta dari bangkok ke kuala lumpur gimana ya?
dan biayanya sekitaran berapa?

harap respon yaa, terima kasih :)

Ariy said...

@ayu

coba baca di posting saya ini:
http://a-journo.blogspot.com/2012/09/ngeteng-pake-kereta-api-malaysia.html

Unknown said...

Mas mau tanya dong..Lebih cepet mana naik kerta atau bis untuk perjalanan dari hatyai buat ke bangkok? ada info rute buat naik bis ke bangkok? Makasih ya :)

Ariy said...

kalo menurutku lebih cepet kereta. Tapi tergantung kelas keretanya. Kalo ekonomi rada lama juga. Dari Hatyai banyak kok bus ke BKK. Banyak travel agent yang jual tiket bus.

Unknown said...

Mas, saya kirim email mohon respon yaa thank you

fanny fristhika nila said...

aah, jd ga masalah bisa dibeli di tempat ya tiket KA nya mas :). Dec nanti aku mw traveling dr chiang mai ke Bangkok..tdnya sih niat pake pesawat aja lgs ke KL..tp cuma beda sebulan hrgnya naik dari 240an MYR jd 567 MYR -__-

Tpksa downgrade jd naik KA :D

Unknown said...

Gua mau tanya nih... tapi maaf yah kalo agak beda jalur.... gini bang... kan di thailand tuh ada kereta api gratis yah... turis boleh gak sih naik kereta yang gratis ituh????
Soalnya temen ada yang kena fee ada juga yang lolos pemeriksaan....

Unknown said...

Makasih buat info lengkap nya gan,ane langsung ngerti dahh 👍👍👍

Ariy said...

@Fuad Rufaida. Saya nggak tau kalo tiket gratis KA. Tapi kalau bus kota, ada beberapa yang emang gratis.

@Dhanu Abrard terima kasih sudah mampir.

Anonymous said...

Sy mo k bangkok-malay di juli ini.
info dong dr bangkok k malay yg murah naik dan naik dr mn k mn ya.
thanks banget infonya..

Unknown said...

mas, klo dari hat yai ke bkk, perjalanannya brp jam dan biayanya brp?? ada sleeper bagnya gak??

Ariy said...

@Novianti Yusuf, sekitar 12 jam. Coba kalau jenis kereta dan harga bisa lihat secara update di www.seat61.com

Dora said...

Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
supaya lebih jelas
silahkan klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL