Sunday, February 24, 2013

Berkunjung ke Pusat Penangkaran Panda di Chengdu


The greatness of a nation and moral progress can be judged by the animal are treated

Pintu Masuk Panda Breeding Chengdu

Kutipan kalimat indah dari Indira Gandhi itu terpajang di sebuah papan kayu dengan tulisan latin serta versi tulisan Mandarin. Di pasang di salah satu sudut halaman Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding. Seakan menjadi kalimat penenang bagi panda-panda yang berlindung di penangkaran ini. Lokasi yang terkenal dengan sebutan Panda Base ini memang seakan rumah nyaman bagi para binatang lucu nan pemalas ini.
        Berada di Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, China, lokasi Panda Base terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Panda Base Road No 26, Northern Suburb. Inilah lokasi penangkaran, habitat para panda, laboratorium hingga museum panda. Gambaran asyiknya: ini adalah kebun binatang berisi panda dengan beberapa jenisnya, serta sangat tenang dan indah.
        Panda Base di Chengdu merupakan salah satu cagar alam bagi panda yang ada di China. Beberapa cagar alam lainnya adalah Wolong Panda Reserve, yang berada di sebelah timur Qionglai Mountain, sekitar 3 jam perjalanan dari Chengdu. Kembali ke Panda Base, ada dua jenis panda di sini, yaitu Giant Panda atau panda yang biasa kita kenal, bulu hitam putih dan postur tubuh besar, dan Red Panda yaitu panda merah dengan ekor panjang dengan ukuran lebih kecil. Memasuki Panda Base, kesan tenang dan sepi akan kita temui. Oya, untuk masuk ke Panda Base, tiket yang harus dibayar adalah 58 CNY. Bagi pelajar, yang dating bersama grup bisa mendapatkan diskon dan hanya membayar 29 CNY. Panda Base dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Bagi wisatawan, tersedia Panda Card dengan harga hanya 1 CNY yang bisa dibeli di Chengdu Shuangliu International Airport.

Lagi ngaso, jangan berisik

Di bagian awal halaman Panda Base, kita disambut dengan taman penuh bunga indah dan terawat, dengan patung panda. Berikutnya, dengan beberapa papan petunjuk arah, kita bisa memilih akan menuju ke mana: ke kandang-kandang panda, museum atau laboratorium.  

Maem dulu ya

Sebelum masuk ke wilayah-wilayah yang terdiri dari kandang-kandang panda, lebih bagus bila kita mengerti sedikit latar belakang panda. Untuk itu, kita bisa masuk ke museum panda dan laboratorium penelitiannya. Setelah itu, kita bisa langsung menuju ke kandang Red Panda (Ailurus Fulgens). Red Panda adalah jenis panda yang tak kalah lucunya dengan Giant Panda. Bulunya berwarna cokelat kemerahan dengan beberapa corak putih,  serta berjalan dengan empat kakinya. Kaki depan lebih pendek, sehingga ketika berjalan terlihat menggemaskan. Jenis panda ini meskipun jinak, namun tak terlalu suka dengan orang, kecuali pawangnya. Senantiasa membelakangi pengunjung, hanya sesekali terlihat menatap pengunjung. Namun, begitu pawangnya muncul dan mengetuk-ngetuk mangkok alumunium wadah makanan, mereka pun langsung berlarian mendekat. Nyaris seperti polah kucing.


Berbeda dengan Giant Panda, menemukan Red Panda beraktivitas siang hari lebih mudah. Seperti diketahui, panda adalah binatang yang lebih banyak beraktivitas di malam hari. Pagi hingga sore, mereka bermalas-malasan sepanjang hari. Di dunia saat ini, konon tinggal tersisa 11.000 – 12.000 ekor Red Panda, namun jumlahnya juga terus menurun karena diburu. Mereka bisa ditemukan di Nepal, Barat Daya China, India, Bhutan dan Myanmar. Sebenarnya, panda di China tidak hanya ada di Sichuan, di provinsi lain pun ada, seperti Shaanxi dan Gansu. Namun, 80% berada di wilayah Provinsi Sichuan.
        Di Panda Base , kandang Red Panda tersebar di beberapa sudut. Sementara di sisi lain, kita bisa menemukan rumah-rumah Giant Panda. Bentuk rumah-rumah buatan ini lucu, dibuat seperti gua dengan banyak jendela dan pintu kota-kota kecil. Di halaman rumah, terdapat bilik-bilik bambu dengan potongan bambu-bambu muda sebagai makanan. Pada siang hari, Giant Panda kebanyakan tidur meringkuk di dalam rumah, sehingga tidak terlihat. Tetapi beberapa juga senang berleha-leha di bilik bambu di halaman sambil ngemil bambu muda. Tingkah mereka menggemaskan, apalagi dengan bentuk tubuh gemuk dan mata sayu.

         Beberapa panda yang masih dalam proses karatina berada di kandang kaca dengan gorden penutup. Sementara itu, beberapa anak panda yang masih dikaratina juga berada di kandang khusus berteralis besi. Lucunya, di dalam kandang anak-anak panda ini, kita bisa menemukan mainan anak-anak, termasuk kuda-kudaan goyang dari bahan plastik. Alangkah lucunya bila kita bisa melihat anak-anak panda itu naik kuda-kudaan.
Di kawasan Panda Base, kita dilarang berbicara keras-keras, berisik dan menganggu para panda. Dan ini bukan hanya sekadar ada di papan peringatan di hampir semua sudut Panda Base, tetapi ada beberapa petugas berseragam yang siap menghampiri kita, menegur apabila kita dinilai mengganggu aktivitas Panda.
               Nah, journer, kalau tertarik melihat habitat  panda dan penangkarannya, langsung di Negeri Tirai Bambu, nabung mulai sekarang. Nggak nyesel kok ke sana, keren sumpah :)

Regards,

A       

6 comments:

Soviana Maulida said...

Aaaaaaaaa.. Pandanya lucuuk xD

agustinriosteris said...

Wuiihhh panda merah, yang jadi suhu di kungfu panda hhehehhe

Happy Stevany said...

Panda merah nya kek mirip rakun gitu yah.. Cuman mukanya lebih cubby.. Hmm.. kapan yah bisa berkunjung kesana.. :D

daun sirsak ace max said...

sepetinya seru yaa

Claude C Kenni said...

Katanya di sini bisa meluk baby panda kalo bayar 1000 RMB ya? Bener ga? ;p

Kharis said...

CIPOOOOOOKKK PANDAAAAAA