Thursday, March 21, 2013

Traveling Hemat : Lupakan Hotel, Carilah Kos-kosan

Hey, Journo...
 
Mungkin ini tips yang sudah saya bagi berkali-kali, termasuk di guidebooks yang saya tulis. Tetapi saya ingin membaginya lagi di sini, dalam tulisan khusus, kali aja ada yang butuh. Kalau duit kita cekak, mepet, mau berhemat saat traveling, tips ini mungkin salah satu hal yang mungkin berguna dilakukan supaya kantong kita nggak bolong saat traveling. 

Kita tahu dong, hotel/penginapan atau apapun itu, adalah satu dari tiga aspek traveling yang butuh perhatian khusus, selain makan dan transportasi. Dalam banyak traveling, saya selalu direpotkan dengan mencari kamar yang murah. Kadang kalau sudah mentok dan tidak bisa berkompromi, dan banyak pertimbangan lainnya, saya memilih untuk tidur di bandara, stasiun, atau sekadar ngejogrok di McD dengan secangkir kopi semaleman, atau di Indomart yang sekarang banyak menawarkan satu space kecil buat sekadar hang out atau nongkrong aja.
                                                     photo: trexglobal.com
Hotel murah mungkin bisa saja didapat. Tetapi saya paling nggak suka hotel murah di Indonesia yang memang kebanyakan kotor, lokasinya berada di kawasan esek-esek, kamar mandinya jorok, dan lain sebagainya. Tidak semua seperti itu, tapi mayoritas iya. Saya pernah touring dengan sahabat saya, sampai di Pacitan susah banget nyari hotel murah. Nemu yang rada bagus tampilannya (dari luar). Tetapi begitu masuk, kami berdua bahkan nggak tega mau tidur di kasurnya. Yaolooh, kotor banget. Spreinya yang bernoda, bau apek, apalagi kamar mandinya...hadeeuh. Padahal tampilan bangunan dari luarnya mayanlah. Malam itu saya dan teman saya tidur beralaskan handuk kami yang masih kering. Sebenarnya kami tidak mau tidur, tetapi mengingat kami touring pake motor dari Solo - Yogyakarta - pesisir selatan Yogyakarta - Pacitan - Solo , kami tidak mau berisiko ngantuk di jalan pas naek motor. Alhasil, kami gantian tidur sejam dua jam bergantian pake tuh handuk yang hanya pas di badan satu orang. Mungkin sampai di sini ada yang mikir, yaelah jadi cowok ribet amat :P

Balik lagi ke topik awal, yess...sekarang saya mulai mencari alternatif lain untuk menggantikan hotel murah. Alternatif itu namanya "Kos-kosan". Ide awalnya sih sering lihat ada iklan kos harian. Lalu pas ke Medan, saya coba deh untuk menerapkan ide itu. Kebetulan di dekat Mesjid Raya Medan, saya dan travelmate saya - Ajie - lihat tuh papan nama salah satu kos harian. Ada sih hotel murah di sini, harganya mulai Rp 50.000. Tapi balik lagi, kotornya itu lho. Kami sempat nemu Rp 70.000, mayan bersih, tapi pake kipas angin aja (emang berharap apa? ) dan airnya sering mati, bahkan pas di tengah ritual keramas. Akhirnya memutuskan hengkang.

Mau agak mahal dikit, kok duit pas-pasan. Apalagi kami harus berada di Medan 11 hari 10 malam, taruhlah kami dapat kamar Rp 100.000 (yang tetep saja masih kotor dengan fasilitas seadanya), maka kami harus menyediakan anggaran untuk kamar Rp 1.000.000. Angka besar untuk travelers on budget kayak kami. Setiap sen bagi kami berharga. Maka saat kami lihat ada tawaran kos harian, berhamburanlah kami ke resepsionis kos-an itu (lebay). Ternyata ada kamar Rp 70.000 dengan fasilitas AC (yang bekerja sempurna di tengah panasnya Medan), TV gede 21 inch, tempat tidur springbed ukuran gede, terus kamar mandi dalam. Artinya kalau kami ambil 10 malam, maka kami hanya akan membayar Rp 700.000, HEMAT RP 300.000 (kayak iklan Hypermat yak hehehe).

Nah, yang kayak gini nih bisa Anda terapkan. Apalagi kalau stay lebih lama. Nah, di kos saya yang nyaman dan super bersih di Semarang misalnya, saya sebulan bayar Rp 500.000 dengan kasur springbed, kamar mandi dalam pake shower, bebas 24 jam. Itu kalau misalnya saya orang luar kota dan lagi traveling di Semarang 2 minggu aja, saya akan hemat banyak. Di hotel murah Rp 100.000/malam Anda harus bayar setidaknya Rp 1.400.000 untuk 2 minggu, nah saya hanya bayar Rp 500.000 untuk full 30 hari, hemat berapa juta coba? Ini analogi sederhana aja kenapa kos bisa jadi pilihan hehehe. Gak heran nih, kos saya banyak orang baru yang stay cuma seminggu dua minggu doang. Bahkan ada yang cuma tiga hari. Nah, kalau nginepnya dua tiga hari, bisa jadi Bu Kos ngasih diskon lagi. Mereka ini udah pada tahu cara ngirit :). Di Semarang, sekarang ini banyak kos-kosan di daerah Tembalang (kampus Undip) yang juga nyambi jadi guesthouse lho demi  melihat peluang ini.

Di Yogya yang notabene kota seribu kos-kosan juga mulai banyak tuh yang kayak gitu. Kos harian, termasuk kos menyaru guesthouse ada. Saya selalu bilang, traveling bukan untuk pindah tidur. Tetapi bukan berarti tidur gak penting ya. Istirahat cukup juga penting lho. Cuma kadang antara murah dan kenyamanan itu nggak bersahabat akrab, jadi pinter-pinternya kita membuat keduanya akur hehehe. Dengan banyak cara, kita bisa ngirit buat budget penginapan saat traveling lho. Pas di Medan 11 hari itu, saya memadukan antara tidur di hotel murah (di awal-awal kedatangan) - tidur di kos-an murah - dan nongkrong di McD dan Stasiun Kereta Api (hari-hari terakhir). Ngirit daaah....

Apakah itu mengurangi nikmatnya traveling? No...no....nikmat dan enggaknya traveling tidak ditentukan budget kita, tetapi bagaimana cara kita menikmatinya :)

Selamat mencoba,

A

7 comments:

Rhein Fathia said...

Kalau dulu saya nebeng temen blogger. Hahahaha... Pas masih aktif blogwalking punya banyak temen blogger di banyak kota. Pas mampir ke kotanya, nebeng nginep deh 1 atau 2 malem.. Hemat, bebeb.. :p

Anonymous said...

dishare dong yg kost harian di dekat mesjid raya medan itu, harganya, kondisinya

Ariy said...

Kos Deli, tepatnya di Jl Sisingamangaraja depan Hotel Garuda (cek nama hotel), gak jauh dari Taman Deli yang ada di sebrang Mesjid Raya.

Anonymous said...

Mas ada no telp kos deli itu ga?

Ariy said...

teman saya menghubungi telp yang dulu saya catat, sudah tidak aktif. Petunjuknya gampang kok, liat jawaban saya sebelumnya, itu ada alamat yang saya tuliskan.

boneeto said...

Hahahaa...SETUJU mas! Sy juga pernah make jasa kos harian pas ke bandung, cuma 3 malem sih sebenernya, berdua bareng travelmate saya cuma disuruh bayar 75rb aja,hahaa. Parahnya itu sebenernya ga ada tulisan 'kos harian' nya, jadilah saya nanya" ke sang empunya, yg ternyata mengijinkan kami untuk menginap beberapa hari saja :D

Ariy said...

@boneeto makasih sudah mampir di blog saya :)