Saturday, July 27, 2013

Apa yang boleh kita ambil saat menginap di hotel?

Hey, journer

Kali ini saya ingin menulis, tepatnya sih menyarikan dari sumber lain, selain juga menambah tulisan dari pengalaman pribadi, tentang menginap di hotel. Berangkat dari pertanyaan sederhana yang mungkin juga pernah terlintas di benak Anda saat menginap di hotel. Apa yang boleh kita ambil saat menginap di hotel? tanpa kita kena charge atau dituduh nyuri?

laundry bag
Beberapa kali nginep di hotel bintang (yang nyaris sebagian besar gratisan), saya merasa banyak sekali pernak-pernik hotel yang kata orang Jawa "cemolong" :). Dari kata "Colong" ditambahan imbuhan "Ce", alias sangat menggoda hati untuk membawanya pulang: :)  (mencurinya ?). Mulai dari sandal hotel, tas laundry, tas koran, selimut, jubah mandi, handuk, toiletries (sabun, shampoo, conditioner, etc), wadah toiletries, bolpen, asbak, notepaper, vas bunga, bantal, selimut, lukisan...sampai resepsionisnya yang cantik hahahaha....banyaaaaakkkk.....

Nah, sebenarnya mana saja sih yang bisa kita bawa pulang dan bukan masuk dalam kategori barang terlarang sehingga saat kita ambil kita tidak dituduh nyolong? Berdasarkan situs hotels.about.com, berikut barang-barang yang boleh kita bawa:

toiletries
 a. Toiletries : seperti shampoo, conditioner, body lotion, sabun, dan beberapa perlengkapan mandi lainnya boleh kita bawa, karena barang-barang ini tidak bisa digunakan oleh tamu berikutnya yang akan menempati kamar kita. Termasuk pula di dalam kategori ini adalah alat cukur, sikat gigi, dan lain sebagainya.


b. Sandal hotel juga biasanya merupakan complimentary alias bisa kita bawa pulang karena tidak bisa digunakan oleh tamu berikutnya. Faktanya, sandal hotel yang modelnya selop warna itu sebenarnya murah kok, pergi aja ke Lotte Mart, harganya sekitar Rp 2.000 perak per pasang :). Jadi silakan dibawa buat kenang-kenangan dan penanda kalau kita pernah nginep di hotel bintang :).

c. Tas laundry yang lucu juga boleh. Lumayan lho, saya bisa pakai ini berulang-ulang untuk mengemas laundry saya. Nggak perlu gonta-ganti tas plastik kresek, selain modelnya juga bagus.

d. Stationary : semacam bolpen berlogo hotel, notepaper, pensil, postcards, amplop, itu semua boleh juga dibawa.

Nah, barang-barang lain, terlarang untuk dibawa. Seperti misalnya handuk, jubah mandi, asbak, sprei, dan lainnya tidak boleh dibawa pulang. Kalau dibawa pulang, maka Anda akan dikenai extra charge. Saya pernah nginap dengan seorang teman kantor, kebetulan ada jatah dari kantor. Saya nggak tahu kalau teman saya bawa pulang handuknya. Beberapa hari kemudian, kantor ditelp pihak hotel kalau ada handuk yang hilang di kamar yang kami tempati. Hadeeuh...malunya. Semprul benar teman saya, karena bos saya sempet marah-marah "Memalukan!". Sebenarnya, beberapa hotel bintang menjual barang-barang itu kalau Anda ingin memilikinya. Anda bisa menanyakan di resepsionis. Bahkan beberapa hotel bintang bagus bahkan melayani pembelian secara online melalui situs resmi mereka. Oya, ada pula yang mungkin bingung, bagaimana dengan makanan dan minuman? Biasanya yang merupakan complimentary alias gratis adalah air mineral dalam botol yang tersedia di meja. Kemudian di hotel bagus, ada pula makanan dan buah-buahan. Asal jangan ngambil yang di mini bar yak, itu kena charge. 

Nah, kalau sudah tahu begini, kita nggak perlu lagi bingung mana yang halal dan mana yang haram untuk dibawa pulang saat kita menginap di hotel. Semoga berguna.

Regards,

A

9 comments:

Dede soehadi said...

haha, ternyata handuk itu dilarang dibawa pulang yah.. selama ini handuk sering banget saya bawa :D lumayan irit ga usah beli handuk.. *buat stock xixix

Ariy said...

handuknya menggoda sih...gede, putih bersih, tebel, wangi...jadi pengen bawa pulang hahaha.

Coba kalau handuknya kecil dan bolong di tengah kayak yg saya dapetin di hotel melati di Jogja, jangankan bawa pulang, make aja gak mau huhuhuh :)

turiscantik.com said...

saya suka bawa sendal hotel krn biasanya tipis, tinggal lipet masuk tas tanpa bikin tas tambah berat ;)

Rucksack Traveler said...

saya biasa nya bawa handuk yang kecil, lmyan buat ngetrip gk bikin berat ransel....kalo sabun, sampo dan lotion...itu mah kadang saya jarah

felicity said...

Yang paling menggoda sebenernya jubah mandi, hihhi... sayang ini properti hotel :)

Ada yang kelupaan, gantungan baju... Beberapa hotel ada yang make gantungan baju statis alias ngga bisa dicopot tapi ada yang make gantungan biasa, ini ngga boleh dijarah..eh...diambil.Yang lain juga yang ngga boleh: hair dryer (lagian biasanya segede bagong, ribet bawanya :D)

Ariy said...

hahaha...ngarep hair dryer-nya hahaha.. Makasih tambahannya ya. Terima kasih sudah mampir.

Sau said...

Mas, mau tanya. Saya sama temen2 mau ke thailand. Nah kita pesan 2 kamar hotel yang untuk dua orang. Tapi sebenernya kita berenam. Ya biar hemat lah. Kita sih udah susun skenario biar gak ketahuan haha. Tapi gimana ya mas kalo ketahuan? Soalnya kan kalo tambah extra bed lumayan mahal.

Oh iya, boleh dong minta tips and tricks untuk newbie thailand. Objek utama kita sih cuma wat2 pinggir sungai, chatuchak, sama mall2. Any dos and don'ts?

Makasih :)

Ariy said...

@Sau akali aja masuknya jangan bareng-bareng, pokoknya keluar masih satu orang atau dua orang gitu aja, apalagi hotel kecil biasanya mudah tuh resepsionis ngapalin :).

Soal tips and tricks sebenarnya ada komplit di bukuku. Tapi kalo memang susah ngedapetinnya, kamu coba klik kolom tips and tricks di bagian lain blog ini. Ada beberapa yang sudah saya tulis.

Makasih sudah berkunjung yaa

gichellovelhie said...

Mau nanya nih.. udah sering nginap dihotel berbintang 3 yang ada kolam renangnya tp ga pernah dimanfaatin.
nah ini mau nginap di hotel bintang 4, dan mau coba berenang disana juga. Itu bawa baju ganti ga ke kolam renangnya? Apa basah2an masuk ke kamar dr kolam?
Kata org sih handuk kimono disediain tergantung hotel.
itu disediainnya dikolam apa udah dikamar?
kalo dihotel bintang 3 ga ada apa2 dilemari cuma bantal sama gantungan..
infonya yo.. tks