Saturday, December 28, 2013

Coban Rondo Malang ~ Legenda Sang Janda dari Gunung Kawi

Dear Journer, 

Kali ini kita akan menuju Kabupaten Malang. Kok kabupaten? Bukannya Malang itu kota ya? Dulu saya pikir Malang itu ya satu, kotanya. Tetapi ternyata ada juga Kabupaten Malang. Nah, kali ini saya ajak Anda jalan-jalan ke Kabupaten Malang, tepatnya berkunjung ke Coban Rondo.

Coban Rondo adalah air terjun yang berada di kawasan Wana Wisata Coban Rondo dan terletak di bagian barat deretan kaki Gunung Kawi. Ketinggiannya mencapai 1.200 di atas permukaan laut.  Cuacanya sejuk sepanjang tahun dengan suhu antara 17-27 derajat Celcius. Secara administratif, sebenarnya air terjun ini tidak berada di Kota Batu, tetapi Coban Rondo berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Luasnya mencapai 90 hektare dan berada di bawah pengelolaan PT Perhutani Alam Wisata. Ada legenda yang menyertai keberadaan air terjun ini, yaitu legenda percintaan Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dengan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah beberapa hari menikah, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo melakukan perjalanan ke Gunung Anjasmoro tempat kediaman orangtua Raden Baron. Namun di tengah jalan muncul Joko Lelono yang terpikat kecantikan Dewi Anjarwati.  Joko Lelono ingin merebut Dewi dan harus berhadapan dengan Raden Baron Kusumo. Sementara Dewi Anjarwati disembunyikan di sebuah air terjun (Coban) oleh para pengikut Raden Baron Kusumo. Duel antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo ternyata berimbang dan membuat keduanya meninggal. Dewi Anjarwati pun menjadi janda atau dalam bahasa Jawa disebut Rondo. Sejak saat itulah air terjun itu dinamakan Coban Rondo.
        

Menuju Coban Rondo sangat menyenangkan. Kita akan melintasi punggung bukit dan sisi lain adalah jurang dengan pemandangan indah. Penanda kita sudah sampai kawasan Coban Rondo adalah patung sapi. Nah, dari patung sapi menuju ke air terjunnya cukup jauh juga, sekitar 2-3 km. Bila Anda menggunakan transportasi umum, memang agak capek jalannya, tapi hawanya sejuk kok, jadi tidak terlalu menguras tenaga. 

Pemandangan Coban Rondo menurut saya sangat indah. Dan yang lebih menyenangkan lagi, saat saya ke sana, tidak terlalu banyak pengunjung. Air putih tercurah dari ketinggian dan pecahan airnya bertebaran kemana-mana menerpa wajah pengunjung. Di bagian depan kawasan air terjun, kita juga bisa membeli aneka makanan, mulai makanan berat, hingga jagung bakar. Oya, jangan lupa beli oleh-oleh di kios-kios bagian depan, karena harganya relatif lebih miring dibanding kita membeli di kota. Misalnya aneka keripik buah, yang di kota dijual sekitar Rp 10.000,00 per bungkus, nah di sini kita bisa mendapatkan paket murah, satu tas besar yang berisi sekitar 10 bungkus bisa dibeli dengan harga Rp 25.000,00.
 
Bagaimana cara menuju kawasan Coban Rondo dengan angkutan umum dari Malang? Ambil Angkot jurusan Landungsari (kode L) dengan tarif antara Rp 2.500,00 – Rp 3.000,00), kemudian dari Terminal Landungsari, Anda silakan naik bus jurusan Kediri yang melewati Pujon dengan. Minta diturunkan di patung sapi, dengan tarif kurang lebih Rp 3.000,00. Nah, dari patung sapi ini kita jalan kaki menuju ke kawasan air terjun.
 
Di kawasan Wana Wisata Coban Rondo selain Anda bisa menikmati tujuan utama yaitu air terjun, pihak pengelola juga menawarkan aktivitas outdoor lainnya, yaitu: menikmati kebun organik, outbound training. trekking dengan sepeda gunung, night safari menikmati suasana hutan pada malam hari hingga matahari terbit, wet trekking: menikmati jeram dan sungai gunung dari hilir ke hulu, jungle/village trekking jelajah hutan dan desa, camping, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa menikmati aktivitas itu, kita bisa menghubungi pihak Perhutani. Pihak Perhutani juga memiliki fasilitas antara lain wisma dengan 15 kamar, sepeda gunung, tenda dan peralatan kemah, serta peralatan high ropes untuk kegiatan outbound. Berikut alamat dan nomor yang bisa dihubungi:

PT Perhutani Alam Wisata
Unit Kerja Wana Wisata Coban Rondo
Desa Pandesari – Kecamatan Pujon
Kabupaten Malang 65391
Telp/fax    : 0341-5025147
Email        : cobanrondopalawi@yahoo.com
Situs        : www.cobanrondo.com

Met jalan-jalan yak,

Ariy

2 comments:

Yudi Darmawan said...

air terjunnya super sekali itu mas..!

Ariy said...

sayangnya gak bisa main deket2 Yud. Pas musim hujan soalnya, khawatir ada banjir dadakan.