Tuesday, December 24, 2013

Mesjid Muhammad Cheng Hoo - Surabaya


Dear Journer,
Kali ini saya akan ajak Anda mengunjungi mesjid kecil nan cantik di salah satu sudut Kota Surabaya.Namanya adalah Mesjid Muhammad Cheng Hoo. Ini adalah salah satu mesjid yang membuaty saya penasaran untuk berkunjung saat saya ke Surabaya. Penasaran akan perpaduan budaya China dan Islam yang menyatu dalam eksistensi mesjid ini.

Tahukah Anda, bahwa banyak orang China yang ternyata memiliki peran besar dalam penyebaran agama Islam di Jawa? Salah satunya adalah Laksamana Cheng Hoo alias Sam Poo Kong. Mereka datang dari wilayah Yunnan, China Selatan, pada abad ke- XV di masa Dinasti Ming. Cheng Hoo bersama armadanya masuk ke Jawa melalui Semarang pada tahun 1410-1416 Masehi, kemudian berkunjung ke Kerajaan Majapahit, di samping menyebarkan agama Islam. Mesjid Muhammad Cheng Hoo tidak terlalu besar, namun unik dalam hal arsitektur karena sangat terpengaruh dengan arsitektur China.
 Bagi saya, arsitekturnya bahkan terkesan hampir mirip dengan Klengtheng (kuil). Lokasinya berada di aeral kompleks Gedung Serba Guna Pembina Imam Tauhid Islam, Jawa Timur, yang berada di Jl Gading No 2, kawasan belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Lokasinya agak masuk ke dalam permukiman penduduk, meskipun juga tidak terlalu pada penduduk, melalui Jl Taman Kusuma Bangsa. Jadi, kalau Anda ke Surabaya, coba berkunjungi ke mesjid cantik ini.
 Cheers,
Ariy

No comments: