Thursday, December 26, 2013

Restaurant Tip Top ~ Resto Legendaris di Medan



Dear Journer, 

Kota Medan bagi saya menawarkan kenikmatan berwisata kuliner. Melting pot bagi banyak budaya membuat kota ini memiliki keragaman kuliner yang pantas dicoba.
Nah, kali ini saya akan ajak Anda ke restaurant tua yang melegenda di Kota Medan, yaitu Restaurant Tip Top. Saya salah satu penyuka restaurant-restaurant tua macam Toko Oen Malang, Toko Oen Semarang,  Rumah Makan Adem Ayem di Solo, dan lain sebagainya. Nah, untuk Medan, ada Restaurant Tip Top.

Java Ice Cream
Restaurant ini berdiri sejak 1934, yang di awal eksistensinya melayani para ekspatriat di jaman kolonial, yaitu mereka yang tinggal di Medan. Saat ini, resto ini banyak dikunjungi wisatawan asing maupun domestik yang tengah berkunjung ke Medan. Dari luar, restaurant yang berada di kawasan Kesawan ini tampil sederhana dan terlihat rada kuno. Tetapi itulah daya tariknya. Terlihat veranda yang diatur sedemikian rupa, sehingga saat makan kita bisa menikmati lalu lalang orang di Jalan Kesawan, atau sebaliknya, orang juga mudah melihat kita. Tetapi meskipun begitu, kenyamanan tetap masih kita rasakan saat makan di sana.

        
Banana Pancake Tip Top

Beberapa karyawannya juga mengenakan pakaian putih dengan peci, mengingatkan kita akan kostum jadul. Memang tidak semua sih.  Kursinya model kursi lawas dari jalinan rotan. Di bagian dalam mebelernya ada yang terbuat dari kayu juga. Dengan langit-langit lumayan tinggi, ruangannya menjadi cukup adem di tengah udara Medan yang panas.
Sorbet

Restaurant Tip Top buka dari jam 11.00 - 14.00 WIB, kemudian tutup, lalu buka lagi dari jam 18.00 WIB hingga 22.00 WIB. Restaurant ini terkenal dengan es krimnya, serta beberapa kue-kue khasnya. Namun masih menyajikan juga menu-menu lain yang variatif. Memang bukan pilihan utama para backpacker  terkait harganya. Namun sebenarnya banyak menu yang harganya masih reasonable sih, sekitar Rp 10.000-an gitu. Sepotong es krim misalnya, ada kok yang harganya Rp 10.000. Menu lainnya, ada Vienna Coffee, segelas kopi yang dicampur es krim mocca dihargai Rp 15.000.
Sarsaparilla Badak
Makanan-makanan berat seperti nasi goreng atau bestik dihargai Rp 20.000-an. Yang suka minuman sarsaparilla macam saya, bisa nyoba Sarsaparilla Badak hanya Rp 8.000, sambil makan pancake pisang Tip Top seharga Rp 15.000-an. FYI, harga yang saya sebut adalah yang berlaku pada tahun 2012, jadi mungkin sekarang naik-naik dikit. 

Selain ada ruangan ber-AC, di sini juga disediakan wifi,  jadi pas banget buat ngadem. Kalau memang budgetnya mepet dan lagi traveling bareng teman, saya sarankan pilih menu yang bervariasi lalu saling cicip hihihi. 

Tetapi bagi saya pribadi, harga di Tip Top tidak lebih mahal dibandingkan dengan harga makanan di tempat kuliner lain di Medan. Secara umum, untuk kulineran memang Medan agak sedikit lebih mahal buat para budget traveler. Tetapi menurut saya, ke Medan kalau belum ke Restaurant Tip Top belum afdol meskipun sedikit nguras kantong. Gak papa, sekali kali ini hehehehe. Lokasinya juga sangat strategis, di kawasan kota lama Kesawan, di mana banyak bangunan-bangunan keren buat hunting foto. Habis hunting foto, panas dan capek, langsung diobati dengan segelas Sarsaparilla Badak....slrrrpp, dijamin hilang hausnya :).

Cheers,

Ariy

1 comment:

Yudi Darmawan said...

lagi ke Medan ya mas,
wah saya aja yang di Medan gak pernah ke Tip top, mahal katanya..