Sunday, January 26, 2014

Icip-icip Gudeg Pawon Yogya

Dear Journer,

Kalau nyebut Yogya (atau Jogja terserah) pasti keingetnya Gudeg, masakan berbahan utama buah nangka muda ini. Di kota ini emang banyak versi gudeg dan tentu saja kalau nanya orang Jogja akan mendapatkan jawaban tergantung selera. Seringnya saya ke Jogja membuat saya tertarik untuk mencoba beberapa "versi" gudeg. Salah satu yang sering disebut teman saya yang asli Jogja adalah Gudeg Pawon. Nah, kali ini saya akan ajak Anda mencicipi Gudeg Pawon.

Dianter Bayu (thanks Bay !) udah mau jam 12 malam saya menuju ke Jl Janturan No 36-38, di daerah Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Jangan tanya arah ke saya ya, karena saya nggak ngerti sama sekali dan pasrah sama Bayu :). 

Lokasinya agak masuk ke jalan (gak gede tapi bukan gang), lalu masuk ke gang dikit, di sebuah rumah. Konon kalau sudah sampai Janturan, kita nanya orang aja juga udah bakal tau di mana Gudeg Pawon berada. 

Nah, begitu sampai di depan sebuah rumah, kita langsung masuk ke dalam...lho kok saya langsung masuk ke dapur. Ternyata inilah keistimewaannya, jadi kita akan makan di dapur pemiliknya. Ada meja (gak banyak sih) yang bisa dipakai buat makan tepat di sebelah yang masak. Inilah kenapa kemudian gudeg ini terkenal sebagai Gudeg Pawon (=dapur). Waktu itu bukanya larut banget, jam 23.30 WIB. 

Saat saya sampai di sana udah penuh orang. Setelah memesan, baru ketahuan kalau daging ayamnya udah habis. Yaelah...baru buka saja sudah habis.Waktu itu saya dan Bayu hanya kebagian gudeg dengan jerohan ayam atau dengan telur. Akhirnya dua itu yang kami pesan.

Gudeg Pawon jenisnya bukan gudeg kering, ada kuahnya meski nggak banyak. Bicara enak atau tidak tentu sangat selera ya. Secara rasa, saya suka Gudeg Pawon ini, yang tidak terlalu manis. Tetapi secara umum, saya suka gudeg yang kering tanpa kuah. 







Sayangnya, gudeg yang kering biasanya terlalu manis buat lidah saya. Lalu bagaimana dengan harga? Kalau soal harga, menurut saya sih standar deh, nggak mahal banget, tapi juga nggak murah. Dengan uang Rp 20.000 cukuplah buat memesan nasi gudeng dengan lauknya (telur atau ayam). 

Nah, kalau Anda pecinta gudeg, setidaknya Anda harus memasukkan Gudeg Pawon dalam list Anda. Kalau pun bukan selera Anda, setidaknya kehadirannya membawa warna baru dalam kancah pergudegan di Jogja *aseeem...ane ngemeng apaan sih ini hihihi*

Selamat mencicipi yak :)

Ariy

3 comments:

Anonymous said...

recommended

Fathur said...

aku pernah maem gudeg tapi di mijilan hehehehee

Ariy said...

@Fathur

yg mijilan terlalu manis bagi lidah saya :). Makasih sudah mampir Mas