Saturday, June 7, 2014

Sensasi Terbang di Sky Adventure Genting Highlands

Dear Journer,

Saya mungkin satu dari sekian banyak orang yang takut ketinggian tapi pengen terbang. Padahal terbang kan selalu identik dengan ketinggian. Jadi bingung kan? Kalau mau sky diving pun juga bakal terkencing-kencing terjun dari pesawatnya sebelum terbang. Jadi sepertinya memang tidak ada harapan :)

Tapi keinginan untuk bisa terbang itu terlaksana juga saat saya mengunjungi Resort World Genting Highlands Malaysia. Ada wahana yang namanya Sky Venture, semacam indoor sky diving, di mana kita akan terbang di dalam tabung yang bagian bawahnya terdapat semacam angin bertekanan tinggi mencapai 193 km / jam. Bayangkan Anda terbang seperti burung, tanpa sayap, mungkinkah? sangat mungkin. Sky Venture mewujudkannya. Tidak perlu terjun dari pesawat, tidak perlu parasut. Serius? Ho'oh. Semacam ini:

                                      foto: www.rwgenting.com






                                                                                 foto: www.rwgenting.com  
Sumpah, saya masuk ke wahana ini antara takut dan excited.  Saat pertama masuk dan antre, mereka akan menimbang berat badan kita. Ada berat tertentu yang memang tidak disarankan. Selain itu, kita ditanya apakah memiliki penyakit tertentu atau cedera tertentu? Karena yang akan kita lakukan benar-benar serius ada risiko cedera. Pun kalau kita sudah menyatakan tidak ada masalah, mereka tetap meminta kita menandatangani surat pernyataan bahwa kita sudah paham dengan risiko yang akan dihadapi. Seperti menandatangani surat warisan :).

Setelah itu, kita digiring ke ruang kostum, di mana kita akan memakai kostum khusus yaitu wearpack. Ada banyak ukuran dan pilihan warna. Lalu menggunakan semacam karet kecil penyumpal telinga, kacamata khusus, serta helm pengamanan. Setelah itu, ada instruktur yang akan memberikan kita instruksi gerakan, supaya kita bisa terbang dengan baik, ngga jatuh, atau mental sana sini. Kelihatannya sih mudah, batin saya.

sok yakin bakal bisa terbang :)


rombongan saya siap terbang

Berikutnya antre disembelih...eh maksud saya dimasukkan ke dalam tabung besar dengan tekanan angin tinggi itu. Suaranya menderu kencang kayak pesawat. Sekelilingnya dilapisi kaca. Lantainya semacam raket nyamuk...tau kan? Jadi kayak kerawang-kerawang dari besi pipih yang di bawahnya menyembur angin bertekanan tinggi yang akan mengangkat kita ke atas. Ada dua pintu terbuka, yaitu pintu masuk dan pintu keluar. Cara masuknya adalah dengan sedikit agak melemparkan diri kita ke dalam dalam posisi berdiri. Tenang, sudah ada instruktur yang ready di dalam.

                                                foto: www.rwgenting.com

Tetapi instruktur itu hanya membantu sebentar untuk menyeimbangkan kita. Setelah dianggap siap, dia akan melepas dan keluar dari tabung...waaaaaa. Ada teman saya yang berhasil terbang, ada yang kadang berhasil kadang gagal, dan yang terakhir ada yang gagal...alias mental sono, mental sini. Saya yang mana? Saya yang ketiga hahaha. Nggak tau deh, saya merasa susah sekali menyeimbangkan badan saya. Kali karena badan saya gede dan berat ya. Alhasil mental kanan mental kiri, kadang nabrak dinding kaca juga. Inilah kenapa wahana ini berbahaya dan kita perlu peralatan pengaman khusus.

Tapi jangan khawatir, karena kalau emang sudah bener-bener kacau, instruktur akan masuk dan membantu kita. Menggapai tangan kita dan menyeimbangkan lagi. Kalau masih gagal juga akan dijorokin ke pintu keluar (iya, emang cara keluarnya kayak dijorokin gitu), lalu akan diberi kesempatan kedua. Kalau gagal juga, jangan khawatir, Anda tetap bisa merasakan pengalaman terbang secara tandem dengan instruktur. Sang instruktur akan memegang salah satu tangan kita, lalu dia akan menyeimbangkan, dan menarik kita terbang bersama dia dengan gaya berputar dan sedikit demi sedikit naik ke atas, turun lagi ke bawah, ke atas, begitu seterusnya. Kita benar-benar terbang bergandengan tangan dengan sang instruktur. Walaupun hanya satu tangan yang dipegang, tetapi sang instruktur tetap jago menyeimbangkan kok, sehingga kita bisa terbang berputar dan naik secara stabil. Beuuuuh.....enakkkk euyyy!!

Sebenarnya pengen nyoba lebih lama (serius? heheh), tapi antreannya panjaaaaang. Nah, kalau Anda pengen mencoba, Anda bisa datang di Resort World Genting, terus menuju lokasi Level T2A, First World Plaza (deket Pizza Hut).

Ini jadwal operasionalnya. Oya, kalau pas cuaca nggak bagus, berangin atau hujan deras, biasanya mereka tidak beroperasi, meskipun lokasinya indoor.

Monday & Sunday
10.00am – 10.00pm
Tuesday - Friday
12.00noon – 10.00pm
Saturday / Eve of Public Holidays
10.00am – 11.00pm
School Holidays / Public Holidays
10.00am – 10.00pm
*Closed for maintenance (daily)
6.45pm – 8.15pm (1hr 30 min)

Harga tiketnya saat artikel ini ditulis:
Tipe : Normal = 50 RM per orang 

Mereka juga punya program namanya Sky Venture Training Programmes:
  • Beginner : 6 menit terbang, briefing & video debriefing oleh instruktur. Style terbangnya adalah Belly Flying & stable. Harga normal 200 RM, tetapi saat artikel ini ditulis mereka lagi ada promo 120 RM.
  • Intermediate: 10 menit terbang, briefing & video debriefing oleh instruktur, dengan style terbang yaitu ke kanan dan ke kiri, gerakan maju dan mundur. Dibanderol dengan harga 400 RM, tetapi saat artikel ini saya tulis lagi ada promo jadi 200 RM.
  • Advance: 15 menit terbang, briefing & video debriefing oleh instruktur, dengan style terbang berputar 180 dan 360 derajat, serta free flying. Harga normalnya 600 RM, tetapi harga promonya 300 RM.
Setelah selesai terbang, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat dengan nama tercantum di sertifikat tersebut. Lumayan atuh, bisa melengkapi CV dan nilai plus buat melamar kerja hihihi. Intinya sih, pengalaman di Sky Adventure ini top banget dah. Anda harus mencoba kalau berkunjung ke Resort World Genting Highlands, Malaysia. Di Singapura juga ada sih, saya lihat di Resort World Sentosa di Sentosa Island. Kalau di Singapura namanya "I Fly". Nah, saya sudah terbang, giliran Anda kapan?

Selamat mencoba :)

Ariy

2 comments:

Adi Pradana said...

Hwaaaa. ... seru tuh kayaknya... bisa terbang

qq said...

Ah.. kapan bisa ke situ ya..
mmm coba ada di Indonesia aja.. :-p