Tuesday, June 10, 2014

The Ho[S]tel 2 - Buku Baru

Dear Journer...

Pfffhhh....setelah sekian lama penantian, akhirnya...akhirnya...The Ho[S]tel 2 kelar juga dan sudah beredar di toko-toko buku pada bulan Juni ini. Saya lupa kapan tepatnya pengerjaan buku ini, tetapi bulan September 2013 lalu, proses pencarian kontributor yang akan nulis bareng saya sudah dilakukan. Dulu, target Desember 2013 naskah kelar, sehingga Februari 2014 diharapkan sudah meluncur ke toko buku. Tetapi seperti biasa, man plans God laughs...ya gitu deh, mundur lagi karena ada sejumlah revisi. Belum lagi soal cover yang memang membutuhkan banyak revisi sebelum akhirnya disetujui.


Kata editor, konsep cover-nya memang alot banget diputuskannya. Saya sempet beberapa kali dikirimi draf-draf cover. Salah satu pertimbangannya adalah, waktu The Ho[S]tel yang pertama kan pakai konsep komik/kartun tuh, nah...ternyata banyak anak kecil yang beli. Padahal ini kan bukan buku anak kecil, meskipun muatan saru dan SARA-nya juga gak ada, tetapi secara bahasa dan temanya tentu nggak pas. Saya sempet lho nemuin sendiri pembeli yang masih usia SD. Mereka juga datang ke talkshow. Bahkan salah satunya, saya dapat email dari seorang ibu-ibu yang anaknya yang masih SD ngotot minta dibeliin buku The Ho[S]tel yang pertama.

Jadi, memutuskan membuat sebuah cover buku itu banyak aspek yang dipertimbangkan lho. Bahkan, kalau memang belum menemukan yang pas, bukan tidak mungkin rencana terbitnya dimundurkan, nggak dipaksakan.  Nah, konsep The Ho[S]tel 2 ini seru, karena pakai cover jaket. Jadi dari depan kita seperti melihat ke lubang kunci ada kuntilanak. Tapi kalau dibuka, ada cover dalam yang bikin kecele :).

Bagaimana dengan isi The Ho[S]tel 2? Konsepnya sebenarnya tidak jauh beda dengan yang pertama yaitu cerita tentang pengalaman seru tinggal di hostel atau hotel. Bedanya, ceritanya lebih variatif, karena banyak penulisnya. Selain saya, ada sekitar 17 penulis lainnya yang ikut ambil bagian dengan masing-masing cerita serunya. Yang cukup mendominasi adalah cerita seremnya, itulah kenapa konsep covernya pun serem.  Para kontributor ini adalah mereka yang dulu ikutan kompetisi nulis perjalanan bareng saya. Dari 187 naskah, akhirnya terpilih naskah-naskah yang akhirnya masuk ke dalam buku ini. Kalau di The Ho[S]tel pertama saya nulis bareng Sony aja udah seru (sok yakin), bagaimana dengan The Ho[S]tel 2? wah tentu lebih seru karena menampilkan pengalaman banyak penulis. Makanya buruan dicari di toko buku huehehehe. Oya, yang belum sempat baca The Ho[S]tel yang pertama, cari juga yak buat pemanasan. Masih ada kok di toko buku. Ini nih cover-nya:



Selamat berburu di toko buku yak :)

Ariy

2 comments:

Indra P. Nugraha said...

Selamat atas peluncuruan buku barunya. Kuntilanaknya berbulu kaki ya Mas. Hahaha...

qq said...

Wew...selamat mas...
InshaAlloh beli bukunya.. :-)