Friday, October 21, 2011

Tips Hemat Saat Traveling

Banyak teman atau pembaca yang menanyakan, bagaimana sih caranya menghemat biaya supaya traveling kita murah dan menyenangkan. Berdasarkan pengalaman saya, yang juga sudah pernah saya bagi dalam twitter saya di @ariysoc, berikut beberapa hal yang mungkin bisa jadi panduan awal. Tentu ini tidak akan menjawab semua, dan akan sangat tergantung pada situasi yang Anda hadapi. Tips ini bisa berlaku untuk perjalanan dalam negeri ataupun ke luar negeri. Jadi sesuaikan dengan kepentingan Anda:

1.Cari tiket murah kunci utama. Beli tiket pp langsung, biasanya jatuhnya lebih murah, dibanding Anda beli tiket pergi dan pulang secara terpisah. Khususnya untuk maskapai yang sama. Cara lain, bila satu rute dirasa mahal, coba connecting flights dengan maskapai yang berbeda misalnya. Usahakan juga ambil di luar weekend dan high season.

2. Rencanakan perjalanan overland, Kereta Api (KA) atau bus. Kelas ekonomi tidak haram lho, way cheaper :). Usahakan ambil yang overnight sehingga bisa menghemat biaya penginapan.

3.Citytour, lebih keren dengan jalan kaki. Tergantung apakah Anda orang yang suka jalan atau tidak. Pilihan lain adalah sewa sepeda. Atau bus kota yang selalu lebih murah dibanding Metro atau Subway.

4. Makan: pilih hostel dengan free breakfast. Jadi pas waktunya breakfast, ambil sebanyak-banyaknya. Ambil waktu yang mepet agak siang, sehingga bisa sekalian lunch (brunch). Sehingga pas lunch time, Anda sudah mati kekenyangan. Hemat deh. :)

5. Makan: foodstreet banyak menawarkan makanan murah. Atau jaringan 7/11 banyak menawarkan makanan hangat dan murah. Big No for Fancy Restaurant.

6.Nginep: hostel dorm best dah. Bisa diakali juga menghemat penginapan dengan naik bus atau kereta api saat pindah destinasi. Ambil yang overnight. Ngiler di airport atau stasiun boleh juga :).

7.Packing seperlunya. Pakaian seperlunya, biar hemat gak pake bagasi.

8. Pastikan beli keperluan wajib di Indonesia. Saya lupa bawa odol, di Indonesia cuma Rp 2.000, di Singapore Rp 30.000. Rela? 

9.Tukar uang di Indonesia, at least dalam mata uang US$ yang lebih stabil. Pelajaran: tuker rupiah di Thailand, Rp 1,5 juta cuma dihargai Rp 800.000. Rela? 

10. Jangan takut tanya ke orang lokal. Siapa tau, spot yg kita kira jauh, ternyata cuma sepelemparan kolor aja, dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Menghemat kan? tapi pastikan juga cari second opinion untuk memantapkan. 

11. Jangan percaya orang lokal yang menawarkan hal-hal murah. Alih-alih pengen murah, kita malah masuk jebakan. Good people, bad people, they're everywhere.

12. Touristy Place kadang bikin pening tiket masuknya. Putar otak, googling, cari spot gratisan. Dijamin travelingnya gak kalah mantapnya.

13. Traveling in group? minta diskon di hostel. Bertanyalah ke pengelola. Saya berkali kali dapat diskon juga. Misalnya, menginap empat hari, hanya bayar tiga hari.

14. Jangan traveling pas weekend, high season. Thailand akan tetap sama bentuknya baik weekend atau weekdays, trust me :)

15. ini agak ekstrem sih: beberapa temen dapat makan gratis di upacara keagamaan, festival, etc. Pantas dicoba kalau mau.

16. Ini juga agak susah sih: beberapa temen ngajak tidur di public school, atau minta izin nginep di kuil. Beberapa berhasil dapet :) Bisa dicoba.

17. Sehemat-hematnya Anda, pastikan tiket pulang pergi sudah di tangan ya. Jadi kalo duit habis, silakan bego di airport nunggu jadwal pesawat pulang.

Itu beberapa tips, masih banyak tentunya cara-cara kita menghemat biaya. Tentu saja situasi-situasi di atas juga akan berbeda satu sama lain. Jadi silakan dibaca, dipertimbangkan, dan mungkin bisa dilakukan.

Have a nice trip guys.

A

10 comments:

azraiasari said...

18. plan ur trip =)

Ariyanto said...

U rite !! research...research...and research. Thankssss :)

andi in siNNeR Land said...

hassekkkkk nice rule^^

Anonymous said...

bermanfaat, thanks a lot mas

Jejakkaki said...

mantap, bermanfaat banget uutuk perbekalan next year

Jejakkaki said...

mantap, so useful for me mas

Jejakkaki said...

mantap, so useful for me massss

Ariy said...

makasih apresiasinya :)

abu nadhif said...

jadoelkoeno was here

abu nadhif said...

jadoelkoeno was here