Thursday, June 30, 2011

Kemewahan hotel Rp 65.000 ala Sumenep

Penginapan kerap menjadi persoalan substansial saat kita traveling. Apalagi kalau destinasi kita adalah kota kecil, atau daerah yang bukan termasuk kategori kota besar. Saya sudah membayangkan, saya akan tidur di sebuah hotel murah dengan bangunan kuno, kasur lepek dengan berbagai macam noda (yaiks !!) dan toilet yang kotor, saat mengunjungi Sumenep, Madura beberapa waktu lalu. Bukan, ini bukan persoalan di Madura saja, hampir semua kota kecil begitu. Apalagi kalau mencari hotel murah.
Di Pacitan saya menginap di hotel yang super jorok, sehingga tidur pun saya harus beralaskan baju-baju kering saya dan tidak berani masuk ke kamar mandi (saking joroknya) berlama-lama. Di Cirebon, saya juga menemukan hal sama. Di Solo, juga, bahkan juga di Jogja. Lalu kenapa tetap menginap? Harga murah jawabannya.
Memang itulah salah satu masalah yang harus dihadapi saat kita backpacking. Kalau di luar negeri, saya memilih tidur di bandara yang jauuuuuh lebih bersih daripada hotel di Pacitan atau kota-kota kecil lainya itu hehehe, toiletnya sekalipun. Nah, kembali ke Sumenep, saat itu saya sudah berencana menginap semalam. Ada banyak daftar hotel yang sudah saya catat. Rencana saya, akan menyurvei satu persatu, kemudian menentukan pilihan. Hotel sasaran saya adalah hotel di bawah harga Rp 100.000/ per malam.
Masuk ke gerbang pusat kota Sumenep, di arah kiri saya tiba-tiba saya ada neon box biru bertulisan hotel murah dengan rate Rp 35.000 per malem. Serius? awalnya saya sangsi. Apalagi neon box itu berada di depan sebuah bangunan cukup megah bercat putih. Tanpa ba-bi-bu lagi saya mampir. Nama hotelnya adalah Hotel Mitra Land, Jl Trunojoyo 191, Gedungan, Sumenep. Telp-nya? nih saya kasih sekalian 081216409991. Jangan salah ya, saya tidak diendorse pihak hotel, jadi ini artikel tidak berbayar hehehe.
Saya terkesima lho dengan harganya. Sumpah. Saat jalan-jalan, kalau memilih tinggal di penginapan atau hotel, saya selalu mencari harga termurah. Namun demi melihat harga termurah di hotel ini sudah sangat rendah, saya sudah sok aja naikin budget, milih harga yang lebih tinggi. Berapa harga yang lebih tinggi versi saya itu? Rp 65.000 !!! hahaha...sebuah kemewahan.

Padahal, dalam situasi berbeda, saya pasti akan mencari harga termurah. Dan harga termurah di hotel itu sebenarnya fasilitasnya cukup memadai bagi backpacker: Rp 30.000, kamar dengan fan, ada TV lho, hanya kamar mandi di luar. Lebih dari cukup bagi saya yang sudah terbiasa tidur di bandara dan stasiun kereta api Di atas itu ada kamar seharga Rp 40.000/ malam, Rp 50.000/malam. Jangan membayangkan kamar yang jorok, bangunan kuno, mebel jadul kepaksa (artinya bukan karena mebel antik), AC ngorok, dan lain sebagainya. Ini hotel model bangunan modern bercat putih bersih, bangunannya baru, kamarnya juga bersih dengan banyak matahari masuk. AC-nya? kenceng dan AC model baru. TV-nya? berwarna pastilah, cuma ukurannya kecil (kita jalan-jalan bukan mau nonton tivi kan? LOL). Bagaimana kasurnya? bagus, dengan bed yang masih empuk padat, sprei putih bersih. Kalau interiornya? simply beautiful Sederhana, tapi rapi dengan gaya minimalis. Bagaimana toiletnya? meski tidak western toilet, tapi tetap bersih kok. Gak ada tuh kerak-kerak menjijikan dan lain sebagainya.
Di resepsionis kita bisa membeli snack murah seperti emping melinjo, kacang mete, dan berbagai macam keripik dengan harga mulai Rp2.000,00 per bungkusnya. Lokasinya juga gampang ke spot-spot utama di Sumenep. Sayangnya hanya satu, tidak disediakan minum dan sarapan. Tapi come on....murah ini masih mau "kemewahan" lagi?  Singkat kata, ini hotel paling best-lah buat backpacker. Sudah the best, masih pakai paling lagi.

Terus kenapa saya mati-matian merekomendasikan hotel ini? Karena itulah ganjaran yang harus diterima pemilik dan pengelola Hotel Mitra Land Sumenep saat mereka memberikan harga terbaik dan fasilitas maksimal bagi backpacker. Bisa jadi contoh tuh buat pengelola hotel lainnya. :)

30 comments:

Trish said...

Ahaa... kok pas banget yah... baru aja mau jalan ke Madura, dapet info ini. Danke!^_^

Ariy said...

semoga berguna. Met jalan2 Mas :)

potrehkoneng said...

maduraaaa...iki kampungku... ga jalan-jalan ke pamekasan?

Ariy said...

@Chopie: ke Pamekasan juga dong :)

Anonymous said...

kok no hp nya tidak bisa dihubungi???apa tidak salah no

Ariy said...

saya cek ulang, memang yang tercantum nomornya seperti itu. Tidak tahu kalau sudah tidak aktif.

herde said...

Dr surabaya naek apa ya?pengen bgt jln2 ke sumenep...

Ariy said...

@Herde : dari Surabaya langsung naik bus ke Sumenep dari Terminal Bungurasih

herde said...

Mas rencana libur jumat bln maret mw ke sumenep, nanya lg ya, kalo selama di sumenep, transport dr sumenep ke tempat2 wisata pake apa? Ada ojek gt? Misal dr penginapan ke museum, kraton ato ke pantai...jauh gk sh?thank u

tjuputography said...

wah menarik juga nie madura.
dulu ke madura masih SD meskipun udah lebih 3 kali kesana tapi belum tau tastenya traveling, apalagi sendirian.

bisa jadi next destinasi ni.

mantap om :D

TORCATOR said...

Selamat datang di Kota Sumenep... Selamat menikamti sajian khasnya..
Terima kasih apresiasi positifnya...
Salam dari Sumenep Madura...


Adjie Harun

Ariy said...

terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya mas :)

Anonymous said...

Wah mancap.. maacih gan inpohnya, ane ada rencana minggu dpn ke sumenep.. bs jd tmpt buat bikin iler neh slma dsna.. cihuuuuy

Unknown said...

Butuh ojek untuk jaLan - jaLan ke semua tempat wisata di sumenep hubungi saja ke 085230525266

Unknown said...

Butuh ojek untuk jaLan - jaLan ke semua tempat wisata di sumenep hubungi saja ke 085230525266

riadinew said...

bagi yg maw ke sumenep dan butuh bantuan silahkan hub q di no 087850101415 karena q asli sumenep.
q siap bantu kenyamanan anda d sumenep.

Unknown said...

Misi agan.. mau tanya ķlu dari terminal sumenep ke RDS FM jauh gk ya

Ariy said...

@Mas Aguss

dengan berat hati saya harus bilang, saya nggak bisa jawab. Karena saya nggak tahu RDS FM dmn, Mas. Daripada nanti malah nyasar. Maaf ya mas, dan makasih sudah mampir.

Unknown said...

Harga nya masih tetep segitu?

fathi said...

Ada refrensi gak hotel murah yg Deket RSUD h.m.anwar Sumenep?

Unknown said...

Naik si mbak kayaknya. Tapi kayaknya tetep under 100k

fristanisa said...

Dari terminal sumenep ke hotel mitraland jauh gak? Ehm.. Bus dr bungurasih lewat hotel itu gak mas?

Ariy said...

@fristanisa bus lewat depannya

Unknown said...

Mau Tanya Dan Minta Saran mas,hotel ya apakah dekat dengan laut?soalnya Ada tugas kerja untuk hasil laut teripang disana..terima kasih

Ariy said...

@Suhandes tjhia ini kalau sudah di Sumenepnya, deket kok dengan laut

Indrasheva73 said...

Bisa ngasih referensi Hotel yg murah dekat terminal bis sumenep

Unknown said...

Harus pakai kartu nikah ya kalau nyewa kamar dihotel ini?

Unknown said...

Apakah ada harga 30.000???

Unknown said...

msh ad pnginapan yg 63000

Unknown said...

No hp yg bisa di hub