Sunday, March 2, 2014

Wisata Kuliner di Pasar Blauran Surabaya

Dear Journer,

Salah satu yang menarik dari traveling adalah saat saya berburu makanan khas atau makanan tradisional suatu daerah. Tempat saya berburu makanan khas macam-macam, mulai dari tempat mangkal resminya, food court, sampai blusukan di pasar tradisional.

Surabaya menjadi salah satu tempat yang menurut lidah saya, cocok buat kulineran. Teman saya yang asli Surabaya mengatakan, saya harus ke Pasar Blauran kalau ingin kulineran di Surabaya. Maka ke sanalah saya untuk berburu makanan nikmat. Pasar Blauran gampang dijangkau. Seingat saya, saya naik bus Damri dari Tunjungan Plaza terus langsung turun di Pasar Blauran (buat orang asli Surabaya, bantu benerin ya kalau keliru hihihi, soalnya lupa-lupa inget).

Di Pasar Blauran ini, Anda bisa mengeksplorasi makanan-makanan khas atau makanan tradisional yang mungkin tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Jajan pasar banyak, termasuk kue-kue basah atau juga oleh-oleh khas. 

Lontong Cap Go Meh



Lokasi pusat kuliner Pasar Blauran ada di lantai bawah pasar. Karena laper berat, hari itu saya ingin makan yang mengenyangkan. Pilihan saya jatuh kepada Lontong Cap Go Meh. Kebetulan memang saya belum pernah mencobanya. Tetapi saat merasakannya, saya pikir saya pernah makan. Itu kayak lontong opor ayam yang biasa saya makan juga. Saya pribadi cocok.

Tetapi ternyata, porsi Lontong Cap Go Meh yang disajikan tidak membuat perut saya kenyang. Plus cuaca Surabaya yang panas, akhirnya saya memilih untuk menikmati jenang (bubur) campur. Sebenarnya ini di Solo, kota kelahiran saya pun banyak, tetapi emang biasanya hanya ada di pasar tradisional. Bedanya, kalau di Solo disajikan tidak pakai es (meskipun banyak juga yang sekarang berinisiatif menyajikannya dengan es). Jenang yang disajikan mulai dari jenang sumsum (putih), jenang grendul (cokelat), jenang mutiara (merah), jenang ketan hitam (hitam), dan disajikan dengan cendol, santan dan es.






Hari itu, semakin kenyang dan segar tentu saja. Sebenarnya masih ada aneka makanan khas lain, semua terpampang di papan menu yang tertera di tiap-tiap tempat jualan. Oya, sebenarnya untuk kulineran di Surabaya, selain di Pasar Blauran Anda juga bisa datang ke Pasar Genteng untuk berburu makanan berbahan dasar hasil laut, yang cocok buat oleh-oleh, seperti kerupuk udang. Kenikmatan lain berwisata kuliner di pasar tradisional adalah harga makanannya yang relatif terjangkau. Jadi kalau lagi di Surabaya, jangan lupa mampir ke Pasar Blauran.

Cheers,

Ariy

No comments: