Sunday, September 9, 2012

Merancang Budget Ke Singapura (Tips Sederhana)

Hey Journer,

Kali ini saya ingin berbagi tentang Singapura. Menuliskan tema ini semata-semata untuk memudahkan saya menjawab banyaknya email yang bertanya dan minta dibuatkan rancangan budget rencana perjalanan (Itinerary) sederhana ke Singapura, sehingga saya tidak perlu berulang-ulang menuliskan jawaban.
Baik, saya akan memberikan sedikit gambaran kenapa Singapura harus menjadi tujuan untuk Anda yang baru belajar backpacking ? Bukankah Singapura negara mahal? Ini alasan-alasan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

1. Bila Anda belum pernah ke luar negeri, dan ingin memperawani paspor Anda, Singapura adalah pilihan tepat. Sudah empat kali saya ke negeri Singa itu, dan belum pernah sekalipun dipersulit imigrasi, bahkan saat pertama kali ke sana. Petugas cukup ramah, ada yang bertanya keperluan ke Singapura untuk apa, ada juga yang tidak. Cukup menjawab "berlibur" mereka akan mengerti, dan tersenyum.  Ini pengalaman saya, saya tidak mau menyamaratakan, karena siapa tahu ada yang kurang beruntung dengan petugas imigrasi. Tapi empat kali sepertinya cukup membuktikan mereka sangat menghargai wisatawan dari Indonesia.

2. Begitu Anda keluar dari pemeriksaan imigrasi, Anda akan disambut puluhan brosur/buku panduan, dalam aneka versi. Silakan ambil semau Anda, gratis...tiss...untuk membuat perjalanan kita nyaman.

3. Transportasi yang terintegrasi dengan rapi yaitu MRT (kereta bawah tanah) serta bus, membuat kita mudah untuk menuju kemana saja. Ini salah satu alasan penting bagi Anda. Selain itu, Anda langsung bisa mencoba rasanya menggunakan alat transportasi modern. Bagi saya, saat pertama kali ke Singapura, perjalanan dengan MRT merupakan hiburan tersendiri (kecuali saat jam sibuk).

4. Banyak hostel backpackers. Meskipun ini adalah kota besar, mereka sangat memperhatikan kebutuhan para pelancong yang memiliki budget rendah. Maka banyak berdiri hostel-hostel murah.

5. Makan, selain bertebaran resto mahal, kebutuhan backpackers juga terpenuhi dengan adanya food court untuk mereka yang berbudget rendah.
 
6. Cukup dekat, sehingga bagi Anda yang tidak punya waktu banyak bisa mudah mencari hari, misalnya cukup saat weekend atau long weekend. Tidak harus sampai menunggu libur panjang.

Setidaknya itu 6 alasan awal bagi kita untuk belajar backpacking ke luar negeri dan menentukan Singapura menjadi pilihan. Percaya saya, setelah selesai traveling ke luar negeri pertama kali, Anda akan lebih mudah traveling ke negara lain untuk kesempatan berikutnya. Hanya menambahkan penyesuaian-penyesuaian di negara yang menjadi tujuan.

Berikut gambaran sederhana perencanaan budget perjalanan:

1. Lama perjalanan: Bagi saya, yang paling ideal sih 4 hari 3 malam (4D/3N). Tapi kalau Anda tidak punya waktu sebanyak itu, bisa mengestimasikan waktu 3 hari 2 malam (3D/2N), misalnya nih berangkat Jumat sore/malam dan pulang Minggu sore/malam. Kalau punya waktu lebih, seminggu bisa aja, bener-bener yang nyantai sampai apal semua jalur MRT :). Tapi bagi saya, lebih dari 4 hari, Singapura bakal membosankan. Apalagi bila kita bener-bener on budget.

2. Budget: Ini hanya sekadar gambaran ya...seperti misalnya tiket pesawat sangat fluktuatif dan tergantung kapan dari mana kita terbang. Untuk pesawat dari Jakarta sebagai asumsi termudah, rata-rata Rp 250.000 one way bisa cek www.mandalaair.com atau www.airasia.com. Harga ini untuk promo reguler, yang bukan promo khusus, kalo pas ada promo khusus misalnya pembukaan rute baru, bisa jatuh lagi harganya. Rekor termurah yang saya dapatkan adalah Rp 99.000 Jakarta-Singapura (waktu itu pakai Mandala Air sebelum maskapai ini bergabung dengan managemen Tiger Airways), pulangnya naik Tiger Singapura - Jakarta Rp 200.000. Kalau saya buat range harga, paling mahal Anda keluar Rp 1,2 juta untuk tiket pulang pergi. Kalau lebih dari itu, mending cancel aja perjalanan dan tunggu sampai harga tiket lebih murah. Jangan lupa airport tax Rp 150.000. Konon airport tax segera dijadikan satu dengan tiket, jadi tidak perlu membayar terpisah.

3. Biaya hostel/penginapan: kalau untuk kamar dorm (baca tulisan saya soal kamar dorm), range-nya antara 15 SGD - 30 SGD. Saya pernah dapat 15 SGD, tetapi lokasinya agak pinggir. Konsekuensinya, akan keluar extra budget untuk tiket MRT. Saya mengakalinya dengan sekali keluar hostel, tidak akan bolak balik. Jadi kalau sudah pulang ke hostel pas malam dan tinggal tidur. Paling banyak harga kamar sekitar 25 SGD per malam. Oya, di hostel dihitung per kepala, bukan per kamar. Jadi kalau Anda berdua, dan pesan private room ya bayar per orang. Beda dengan hotel, yang satu kamar bisa buat berempat (yang dua diselundupkan) dan hanya bayar satu.

4. Tiket transportasi city tour. Beli saja kartu Singapore Tourist Pass (STP). Ini untuk Anda yang menjadwalkan jalan-jalan dalam waktu singkat saja, antara satu hingga tiga hari. Anda bisa menggunakan tiket ini untuk naik MRT dan Bus. Tinggal nge-tap saja di mesin.Anda bisa membeli di stasiun-stasiun MRT tertentu (tidak semua ada). Cari yang ada tulisan ticket office. Paling mudah adalah di Changi, saat Anda turun dari Changi Airport menuju ke stasiun MRT-nya, nah di pojokan ada ticket office. Kalau bingung tinggal nanya petugas. Harga 1 Day Pass 10 SGD, 2 Day Pass 16 SGD, dan 3 Day Pass adalah 20 SGD (re-check siapa tau naik ya). Jangan lupa, Anda nanti harus menambah pembayaran kartu 10 SGD untuk deposit. Tenang saja, ini refundable kok, artinya saat Anda akan pulang dan tidak akan menggunakan kartu lagi, Anda bisa mengembalikan kartu di counter pembelian untuk mendapatkan kembali deposit 10 SGD Anda. Bagaimana kalau 4 hari? Ya beli aja tiket sekali jalan via mesin penjualan tiket yang ada di semua stasiun MRT.
Kalau saya kebetulan pakai kartu EZ-Link. Fungsinya sama, bisa digunakan untuk MRT, bus, etc. Harganya 12 SGD yang berisi saldo 7 SGD dan harga kartu 5 SGD. Kita bisa menggunakan selama 5 tahun dan untuk menggunakannya, bila memang saldo kurang tinggal isi ulang di mesin-mesin penjualan tiket di stasiun MRT. Kalau saldo Anda kurang dari 3 SGD tidak bisa digunakan. Untuk itu Anda bisa isi ulang. Kartu ini bisa dibeli di ticket office stasiun serta misalnya di 7Eleven.
Dari gambaran empat poin di atas mulai bisa kita perkirakan berapa kebutuhan kita. Pertanyaan berikutnya, bagaimana dengan lokasi wisatanya? apakah berbayar atau tidak? beli oleh-oleh? Mari kita bahas:
  • Hindari tujuan wisata atau naik wahana berbayar. Masih banyak atraksi gratis atau tempat-tempat bagus dan buat foto (penting :P ) yang gratis: Saya sempat mengunjungi bianglala terbesar, yaitu Singapore Flyer, sayang tiketnya mahal 29.50 SGD. Akhirnya saya cuma berfoto di dekat tabung-tabung yang akan mengangkut wisatawan saat bianglala itu berputar :). Saya juga mengunjungi kawasan Universal Studio, tapi saya ogah untuk masuk dan menyerahkan 66 SGD. Yang saya lakukan hanya mengunjungi dan berfoto di area Universal Studio, dan itu sudah cukup indah dan seru. Nah beberapa contoh yang free : Patung Merlion (pasti dong), Singapura Botanical Garden (indah banget), jalan-jalan ke Pantai Siloso dan sekitarnya yang bisa dijelajahi dengan kereta kelinci gratis, jalan-jalan ke Chinatown, Little India, Bugis Street, Esplanade (Gedung Durian), Orchard Road, wisata mall, dan lain sebagainya. Untuk lebih menghemat lagi, buat pemetaan misalnya satu lokasi kita akan mengunjungi apa saja. Ini supaya kita tidak bolak-balik nggak jelas dan membuang-buang duit untuk MRT, hanya karena kita nggak mengenal medan.
  • Beli oleh-oleh juga harus hati-hati. Misalnya nih, kita masuk ke kawasan Chinatown dan langsung melihat banyak cinderamata yang dijual 3 For 10 alias 10 SGD dapat tiga. Jangan langsung kalap, telusuri sampai belakang kawasan dulu. Jangan sampai menyesal bila kemudian menemukan pedagang di bagian belakang menjual barang yang sama dengan 5 For 10, alias 10 SGD dapat lima! :). Pilihan paling oke untuk mencari souvenir ada di Chinatown dan Bugis Street. Kalau makanan, seperti cokelat atau mau oleh-oleh fake perfume bisa menuju ke Mustafa Center di kawasan Little India yang buka 24 jam.
Nah, gambaran di atas semoga bisa membantu Anda untuk membuat perencanaan lebih matang dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya nih, kalau memang tidak masalah tidur di airport, bisa mencoba semalam tidur di Changi untuk menghemat bayar hostel. Kalau memang air minum mahal (rata-rata 1.5 SGD) padahal Singapura panas, ya coba cari keran drinkable water seperti yang ada di Changi, isi botol air mineral Anda yang sudah kosong. Isi ulang air putih juga bisa Anda lakukan di hostel. Anda juga bisa membawa mie cup beberapa, sekadar untuk menghemat makan.
Oke, selamat mengutak-utik budget, journer :)

A

39 comments:

sigit.raners said...

mas, infonya bermanfaat.

Ariy said...

senang bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung :)

novan candra said...

terima kasih atas infonya. klo pilih penginapan enaknya di daerah geylang, china town, ato little india? soalnya januari besok mo ke sin via malaysia

Ariy said...

Mas Novan, makasih sdh berkunjung. Untuk penginapan dari tiga pilihan itu, saya kasih gambaran:

1. Geylang: di sini harga kamar relatif paling murah di Singapore. Sedikit agak minggir (but hey, singapore itu negara kecil banget). Kalau anda tidak mempersoalkan "kesan" demi pertimbangan ngirit, Geylang bisa jadi pilihan. Geylang ada kawasan red light district, alias di sini byk praktik prostitusi. Kalo saya (laki-laki), di sana gak masalah sih.

2. Chinatown: di sini harga kamar biasa sih. Hampir sama dengan Little India. Cuma kalau muslim, musti hati2 milih makanan utk menghindari babi. Lokasi lumayan bagus juga.

3. Little India: saya paling sering di daerah dekat2 area ini. Semacam di kawasan Jalan Besar. Banyak hostel. Selain itu dekat masjid, makanan jg relatif murah, tuker uang di money changer org India jg harganya bagus. Selain dekat dengan mall 24 Jam, Mustafa Centre buat beli oleh2 seperti parfum, cokelat, etc.

Nah, silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

gerie lapantigabelas said...

Mas Ariy, sy udah ada tiket airasia pp bln januari 2013 ke Sin slama 5D4N.
kami ber4 cewek sama2 blm pernah ke LN, gpp kan ya proses imigrasi-nya?
klo kami berencan 2D1N lanjut ke Malaysia gmn? cukup gak ya waktunya?
naek apa dr Sin?
trimakasih mas..

gerie @geriechan
-wong medion-

Ariy said...

Kalo soal Imigrasi, gak ada masalah deh.

Kalo 5D4N emang agak kelamaan. Bisa tuh yang dua malam di Kuala Lumpur. Naik bus/kereta bisa. Kalau mau ngirit, bisa yang overnight (malam) jadi irit penginapan.

smpn 4 kalibagor said...

Mas Ary aku juga mau ikutan nanya nich, aku dapet promo air asia untuk akhir mei tahun depan, ini kali pertama aku ke LN aku juga takut di imigrasinya nanti. aku mau tanya kalo naik bus dari singapore ke johor bahru itu paling malam ada bisa jalan jam berapa ya? begitu juga sebaliknya yang dai larkin "Johor Bahru" ke singapore lagi. aku pikir mau ngirit dari pada buat bermalam di hostel aku rasa lebih irit buat bermalam dijalan menuju KL.

Ariy said...

Dari Ban San Terminal ada yang paling malam 12.30. Bus banyak kok, setiap 15 menit-an ada.

Reza Caesar said...

Mas tnya2 nich.... klu di sin n malay bhsa yg dipakai ap?? Cz aq cm bsa bhs jawa n indo aj.. trus untk budget 7jta bwt 2org (trmsuk pswt jg) ckup gk lo nginep di hotel yg pling mrah cz lo hostel kyke krg prvcy (4d/3n) N untuk uang ap hrus bwa tunai dlm bntuk dolar sin... cz aq gk pny krtu kredit cm pny atm mndiri aj... maklum mas pgn cb2 ke LN jdi br pglmn prtm. Oh y mas... untuk hp ap prlu gnti no?? Cz aq pki indosat...

Ariy said...

bahasa Indonesia cukup dimengerti oleh orang-orang di Malaysia atau di Singapore kok. Nilai Rp 7 juta untuk dua orang apakah cukup atau tidak tergantung bagaimana Anda membelanjakan uang. Pilihan pesawat, penginapan, makan, tentu akan mempengaruhi. Akan lebih baik bawa uang cash, meskin banyak bank lokal Indonesia punya cabang di sana. Tapi kalau menarik uanag di sana, pasti kena biaya macam-macam. Menurut saya, bawa uang cash saja secukupnya. Tukar Ringgit/ dollar Singapore di Indonesia. Untuk Hp, kalau cuma 4d/3n gak usah beli nomor baru gak papa. Tanya ke indosat, biasanya ada program khusus untuk sambungan/sms ke luar negeri. Saya pakai XL, bisa nerima sms dan ditelpon saat saya di Malaysia, Singapore, bahkan Thailand. Memang tarifnya beda.

Tri Ari Hendra said...

Mas ariyy..
Brp $ yaa sewa dormnya /night?
Trs apa kudu booked dlu atau always available??
Mohon penjelasannya..

yuli said...

thanks you..thank you..sangat-sangat membantu saya yg belum pernah ke LN sebelumnya, rencana lusa mau ke sin, tapi masih blank hehee

Angie said...

Mas mau tanya nih, thn dpn rncana mau ke singapore pake travel lumayan dpt gtisan dri tmn..yang mau ∂Ķΰ tanya ∂Ķΰ kan pngn bwa anak nih umur 2 thn kira2 byr ga sih kalo travelnya? Ato cmn byr setengahnya ato ga samaa skli hehehehehe, trs biasanya umur 2 thn buat paspor ato ikut ibu aja ?

Ariy said...

@Tri Ari Hendra: Dorm bermacam-macam. Kalo berdasarkan pengalaman selama ini, mulai 15 Dollar Singapore per malam. Kalau masih baru, ya mending booking dulu, bisa lewat www.hostelbookers.com atau www.hostelworld.com

@Yuli: have fun Yul, kalo udah jalan, gampang kok.

@Angie: Setiap individu, even bayi, apalagi 2 tahun harus punya paspor. Lebih lengkap tanya ke imigrasi. Kalo untuk pesawat, ada harga khusus untuk bayi. Kalau hostel, gak terima tamu bayi, beberapa terima dgn menandatangani pernyataan tertentu, yang intinya tdk akan mengganggu tamu lain. Kalau di Hotel berbeda, bayi boleh.

Anonymous said...

Mas kalo nginep semalem di bandara ngga papa kah ? Kalo 6D5N enaknya ganti nomer sana atau ngga ya ? Thxx

Ariy said...

Menginap di Bandara udah beberapa kali saya lakukan. Boleh kok.

Li Ramurii said...

Mas denger2 klo pasangan yg blm sah suami istri bkalan kena cekal petugas imigrasi dsna ya? Soal x sy rencana mw k sna sm pacar, n adik jg sh. Tp bener gk sh kyk gt? Kta x d bandara sna d mnta tunjukin bku nikah. Mohon ptunjuk x soal x blm prn k luar negeri jg :D thx b4

Ariy said...

@Li Ramurrii

ehhh..siapa bilang? kagak :). Kagak ada aturan itu.

lucia tutut said...

Mas.....mau nanya...kalau mau nginep di changi...boboknya dimana yak....diatas karpet tebalnya githu?

Anonymous said...

Mas, saya sudah booking hostel d jalan besar. Utk menuju kesana dr MRT changi bagus nya turun dmn mas?klo di MRT bugis keluar nya pintu EXIT yg mana mas? Terimakasih

Ariy said...

Jalan Besar itu kalo dari Changi bisa turun di MRT Lavender. Kalo mau ke Bugis Street, itu MRT-nya ada di dalam mall yg di Bugis Junction, tinggal nyebrang.

Ariy said...

Di Changi bisa tidur di kursi tunggu atasnya McD. Lupa terminal berapa. Di McD jg bisa, beli kopi segelas, ambil posisi di sofanya, kalo gak keduluan. Karpet tebel mana ya?

Anonymous said...

mas minta saran route sightseeing disingapore yg ga muter2 dong. biar sejalur. niat 2hr 1malam dsana. makasih mas.

mawarliar said...

Bagus dunk info nya..aku dari malaysia dan akan ke singapore tanggal 8 juni 2013..tanggal 1 may lalu udah ke jakarta dan bandung...ada facebook ga mas?

Anonymous said...

mas,,sy dan teman2 mau k sin mei 2014 nnt..
cm mslh booking penginapan online itu hrs pake credit card ya..
klo gak punya gmn mas??

Ariy said...

@mawarliar : facebook di : Ariy Solo
@Anonymous: coba melalui www.booking.com yang gak harus bayar dulu.
Kalo yang lain memang kebanyakan pake kartu kredit. Bisa sih pinjam. Tetapi di bbrp hotel tertentu, kalau pinjam CC ntar pas check in juga bawa fotokopi CC-nya ya bolak balik (kalo perlu ada surat kuasa dari pemilik CC asli). Untuk antisipasi aja, karena kadang ada extra charge kalo nggak bisa nunjukin CC aslinya.

Dwi Hastuti said...

mei nya tgl brp?saya plan tgl 10 dr surabaya sendirian .kalo ada barengannya dr indonesia bisa bikin PD. n bisa tukar info

qq said...

lain kali kalo ada kesempatan ke SIN lagi, pengen nyobain Singapore Flyer... :-)

Hans said...

singapore mmg kagak ada matinye... udah kesono tetap kangen pengen kesana lg .

Dianne Deivie Dirk said...

kren infonya masih aktual...barusan aku kesana...

Disa Syahrania said...

Komplit dan lengkap, tpi ad hal yg mau sy tyakan.. klo nginep dhotel kapasitas 2 org dmasukin 4 org, kira2 risiko dsana gmn mas?setau sy cctv dn pnjgaan disana lmyan..heheh ad info hotel or aprtmnt yg bs diiisi ramean g mas..mksh

Ariy said...

@Disa Syahrania

Saya belum pernah nyoba satu kamar berempat, tetapi tiga orang pernah. Masuknya sendiri2 atau maksimal dua orang dulu, satu nyusul. Kalau hotel yang mayan gede gak kentara karena kayak tamu biasa. Tapi kalo hotel kecil, bisa jadi curiga. Pinter2nya dirimu dan temanmu aja. Trs jangan celingukan, sok yakin dan pede kayak tamu hotel aja. Gutlak :)

Hamidatun Syadiah said...

@mas ariy, info nya manfaat meskipun saya telat bacanya :'(
bulan depan rencananya saya mau ke singapura bareng keluarga. siapa tau ada yang mau blusukan bareng kami. ini itinerary saya http://duniahami.blogspot.com/2015/01/rencana-perjalanan-singapura-dan.html

liburan singapore said...

info ke sg pertama kali
cocok buat backpacker nih
thanks infonya

Oriza Florist said...

Halo mas aku mau nanya nih
Kalo di bugis enak nya nginep di hotel mana ya yang deket sama MRT?

bugis said...

bugis street memang tempat belanja untuk oleh-oleh
informasi menarik terima kasih

monica kalalo said...

Info pariwisata indonesia Tempat Pariwisata Indoensia
Tujuan Pariwisata di Indonesia Wisata Kuliner wisata kuliner dan budaya di Indonesia
Berita Pariwisata di Indonesia

Berita online terkini berita online terkini Berita nasional terkini dan terlengkap
Berita terbaru pemerintahan jokowi jk Berita otomotif terbaru
Berita terbaru motor besar honda big bike


berita tekno update Berita Tekno Berita Gadget Terbaru Berita Terbaru Android Lollipop

Taliza Isvantia said...

Mas,saya rencana mau ke singapore berdua aja sm anak,ini pertama kali ke LN klo dari changi airport mau ke patung merilion,dan foto di marina bay,bisa naik MRT kah?,trus dari merilion mau ke USS bisa kah?,saya rencana mau pergi 1 hari ajaberangkat pagi pulang mlm.keburu ga ya?makasih

Ariy said...

@Taliza Isvantia

bisa. Semua spot wisata yang ingin dikunjungi dihubungkan dengan MRT kok. Have fun Mbak