Saturday, September 4, 2010

Pernahkah merasakan ketakutan itu?

Berpikir bahwa dunia di luar sana adalah alam tergelap yang siap menghilangkan bayangan kita dari kasat mata?

Pernahkah merasakan ketakutan itu?
Berpikir bahwa individu di luar sana adalah makhluk terburuk yang siap menganiaya kita tanpa memberi sejeda pun waktu bagi kita untuk menghela napas?

Pernahkah merasakan ketakutan itu?
Berpikir kita akan bertemu ras berbeda dan merasa kita adalah kasta kedua, ketiga, atau bahkan tak terhitung setelahnya?

Pernahkah merasakan ketakutan itu?
Berpikir kita akan tersesat tanpa pernah mencium satu dari sekian sudut derajat arah mata angin?

Ini adalah belantara luas yang satu tepi dengan tepinya tidak terputus. Tersesatlah ke satu ujung, maka kau akan bertemu ujung lainnya. Berputarlah, maka kau akan kembali bertemu halaman belakang rumahmu. Berbisiklah tolong, bahkan itu akan sampai ke telinga teman terdekatmu. Inilah ladang permainan luas yang disediakan untuk kita, semua, sama rata. Tak ada yang benar-benar memilikinya sehingga berhak duduk di kursi lebih tinggi. Inilah ladang permainan luas, perpustakaan tersejuk tanpa pendingin udara, buku ilmu pengetahuan tertebal yang bahkan kau tidak bisa membayangkannya. Inilah ladang permainan yang kau boleh memilih untuk menggumulinya atau melewatkannya, dengan dua risiko: suka cita atau menyesalinya.

Menjadi takut adalah cara sempurna bagi kita untuk waspada dan tak jumawa. Tetapi menjadi takut dengan asumsi-asumsi kita adalah kerugian yang tak kalah sempurnanya.

Pack your backpack, now !!



No comments: