Wednesday, May 2, 2012

Resensi Travelicious Surabaya Malang & Madura [AnalisisNews.com]

Menikmati Wisata ke Tiga Kota Jawa Timur
Oleh Tommy Setiawan*)
Siapa yang tak mengenal dengan Jawa Timur. Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang didalamnya kota-kota yang memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk kita datangi. Sebab kota yang berada di Jawa Timur banyak menyimpan segudang nilai sejarah atau wisata yang bagus. Misalnya Surabaya, Malang dan Madura.
Jawa Timur semakin terkenal karena dengan dibangunnya jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Madura, yang mana ini menambah menarik bagi wisatawan yang ingin datang ke daerah Jawa Timur khususnya wisata-wisata yang ada di kota-kota itu. Buku Travelicious Surabaya, Malang dan Madura karya Ariyanto ini merupakan buku ditulis yang dilatarbelakangi oleh candaan atau sindiran dari teman-temannya backpackers dari luar negeri yang pernah menjamah wisata di Jawa Timur, khususnya di gunung Bromo. Kira-kira sindiran itu seperti ini “Bagaimana mungkin kau (Aryanto) belum pernah ke gunung Bromo, padahal hanya beberapa jam dari tempat tinggal kamu” Tanya traveler teman Aryanto. Dari sindiran tersebut membuat Aryanto berkeinginan untuk melakukan untuk mengunjungi tempat tersebut.
Dengan sindiran-sindiran dari teman-temannya itu membuat Aryanto tergugah untuk melakukan wisata ke Jawa Timur, khususnya ke Surabaya, Malang dan Madura. Karena ketiga kota tersebut memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pada umumnya provinsi Jawa Timur sama halnya dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Namun, yang menbedakan provinsi Jawa Timur dengan provinsi yang lainnya mungkin saja Jawa Timur pernah menjadi tempat bersejarah dalam pemberontakan melawan penjajah. Dan sampai sekarang provinsi Jawa Timur disebut dengan nama kota pahlawan.
Buku ini menurut saya menarik untuk kita baca yang ingin berwisata ke Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya, Malang dan Madura. Karena dalam buku ini penulis menjabarkan dengan lebar lokasi-lokasi mana saja yang menarik dan bisa kita dijadikan tempat wisata. Tak hanya itu, penulis juga menjelaskan bagaimana kita akan ke lokasi wisata-wisata itu. Baik naik transportasi bus, kereta, pesawat dll. Hal ini menurut saya akan mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut.
Buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami ini. Maka kita dengan gampang memahami dan mencermati apa yang di tulis oleh penulis buku ini. Penulis buku ini menggunakan kata-kata atau kalimat yang bisa dipahami dari semua kalangan, baik anak-anak, pelajar, maupun orang tua. Karena penulis dalam menguraikan buku ini terkait dengan tiga wisata di Jawa Timur ini dengan bahasa gaul. Yang mana dengan menggunakan bahasa gaul ini, terkadang tertawa sendiri ketika kita membaca buku ini. Hal ini menurut saya, agar pembaca tidak merasa bosan ketika sedang membacanya. Selain itu pula, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai macam gambar penunjangnya dalam menguraikan lokasi wisata di tiga kota tersebut. Diuraikan juga tempat-tempat penginapan lengkap dengan biaya sewanya, wisata kuliner, transportasi yang bisa gunakan ketika kita mau dan berada menuju lokasi wisata, jadual pemberangkatan baik bus, kereta dan pesawat terbang plus biaya yang perlu kita butuhkan.
Buku yang terdiri dari sembilan bagian ini cukup memberikan kita informasi ketika kita akan melakukan wisata ke tiga wilayah Jawa Timur (Surabaya, Malang dan Madura). Walaupun buku ini hanyalah sebuah hasil perjalanan wisata penulis lalu dibukukan, namun buku ini telah memberikan informasi baru sebelum kita memutuskan untuk pergi berlibur ke wilayah Jawa Timur.
Pada akhirnya, buku ini layak untuk kita baca sebagai salah tambahan refrensi kita sebelum kita akan melakukan wisata ke Surabaya, Malang dan Madura. Selain menguraikan lokasi wisata yang menarik, buku ini juga dilengkapi dengan peta yang mana ini sangatlah membantu kita sewaktu dilokasi wisata.

*)Tommy Setiawan, Alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Judul Buku            : Travelicious Surabaya, Malang dan Madura
Penulis                  : Ariyanto
Penerbit                 : B-First Yogyakarta
Tahun                    : I, 2011
Tebal                      : x+190 Halaman
ISBN                       : 978-602-8864-40-4

Sumber:  http://analisisnews.com/analisis/resensi-buku/823-travelicious-surabaya-malang-dan-madura

2 comments:

outbound di malang said...

halo gan,
tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

kei said...

mas ariy... buku ini jadi salah satu referensi cetak saya waktu ke malang bulan lalu, terima kasih!
tapi maaf ada data yang tidak akurat (mungkin salah cetak) pada hal. 18 nomor telpon Hotel Camelia tercetak "0341 322426," seharusnya adalah 0341 368802 (untuk Front Office) dan 0341 323757 (untuk office. pada hal. 19 pada baris ke-9 tercetak "belok kiri..." seharusnya "belok kanan..."
hal ini saya ketahui karena saya menginap di Hotel Camelia :) soal harga kamar juga sudah banyak berubah, tapi ini wajar karena inflasi :D