Tuesday, June 3, 2014

Zaen Syariah Hotel Solo (Review)

Dear Journer,

Buat Anda yang pengen jalan-jalan ke kota kelahiran saya tercinta, yaitu Solo, kali ini saya akan pilihkan salah satu hotel yang menurut saya bagus dan ramah di kantong. 

First of all, posting ini tidak berbayar, jadi saya pastikan saya menulis buka karena pesanan pemilik hotel hehehe.

Jadi weekend kemarin ada temen yang datang ke Solo. Rada bingung sih mau ambil hotel di mana, karena di Solo saat ini banyak sekali hotel baru yang tampilannya lucu dan bagus. Tetapi yang tampilan bagus emang biasanya rada mahal harga kamarnya. Setelah hunting di agoda, booking dot com, pegi-pegi dot com, wego, dan agen pesan hotel online lainnya, saya pun membandingkan harga, dan memutuskan booking melalui www.booking.com dan memilih Zaen Syariah Hotel untuk teman saya.

Saya memilih Zaen Syariah Hotel karena harganya memang murah dan saya lihat gambarnya kok bagus. Saya suka hotel minimalis dengan bangunan baru, dan ini terwakili oleh Zaen. Kebetulan untuk weekend, saya dapat Rp 175.000 per malam sudah termasuk tax. Saya booking melalui www.booking.com karena tidak perlu membayar saat booking. Jadi pembayaran dilakukan saat check-in. Ini cocok buat Anda yang tidak memiliki kartu kredit.

Sabtu siang, saya antar teman saya check-in. Sayangnya pas check-in saya tidak bawa print-out konfirmasi booking yang dikirim www.booking.com melalui email. Pikir saya, saya bisa menggunakan smartphone dan tinggal menunjukkan email saya. Sayangnya, internet lemot berat dan saya gagal refresh email sehingga tidak mampu menunjukkan email booking.

Resepsionis di awal tetap berkeras meminta saya menunjukkan bukti booking. Dan saya tertahan untuk check in karena terus berusaha mencari sambungan internet. Entah kenapa, wifi hotel juga gagal saya akses. Dalam kasus semacam ini, saya sering heran apakah tidak ada koordinasi antara pihak hotel dengan agen booking online? Jadi kalau ada kasus begini, sebenarnya sistem komputer mereka sudah mencatat, saya tinggal tunjukin KTP. Tinggal dicocokin. Saya positive thinking aja, mungkin mereka baru gabung di agen booking online.

Setelah beberapa saat, akhirnya resepsionis satunya mengambil alih dan langsung meminta KTP saya, saya bayar, dan langsung diberikan kunci kamar. Sebenarnya akan lebih asoooyy kalau dari tadi begini kan hehehehe.

Sekarang ke soal fasilitas: bangunan hotel ini saya suka banget. Baru, minimalis, bersih dengan dominasi cat hijau dan putih. Rapi banget dah. Apa yang tampak di foto adalah apa yang akan Anda temui di aslinya. 



Di bagian belakang resepsionis terdapat butik baju-baju batik. Naik ke lantai dua, nuansa putih hijau bersih juga masih saya temui. Begitu masuk ke dalam kamar, kami mendapatkan kamar yang minimalis, tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu sempit, bersih banget.



Menurut saya, ini kamar Rp 175.000 terbaik yang pernah saya dapatkan saat mencari hotel. Dalam hal kamar, hampir sama dengan Fave Hotel misalnya (cuma kamar mandinya emang lebih bagus Fave Hotel). Kamarnya bersih, AC kenceng, colokan listrik dua biji kanan kiri, TV LED, tersedia handuk bersih dua, air mineral dua botol, sendal hotel. Kamar mandinya bagus dan bersih. Shower-nya masih berfungsi normal dengan semprotan bagus. Ada air hangat juga. Hanya satu hal, entah kenapa sampai check-out saya gagal mendapatkan sinyal wifi :).

Intinya sih saya puas dengan hotel ini. Kebetulan saya tidak pesan sarapan karena pagi-pagi benar harus check-out mengantar teman mengejar kereta, jadi tidak bisa cerita soal sarapannya. Kalau soal lokasi, berada di tengah kota, walking distance ke Solo Grand Mall dan Jl Slamet Riyadi (jalan protokol). Dengan harga segitu, biasanya kita dapat hotel kuno kan? Nah, menurut saya Zaen Syariah Hotel bisa jadi pilihan lain, hotel baru, murah dan bersih.

Selamat mencoba,

Ariy

Keterangan: foto2 bukan milik penulis, sepenuhnya milik pihak hotel.

No comments: