Monday, September 21, 2015

Review : The Grove Express Hotel Jogja

Dear Journo,

Gara-garanya ada weekend sale di www.tiket.com, akhirnya saya menginap juga di Hotel The Grove Express, Jogja (banyak yang salah nyebutnya dengan The Groove). Rate awal yang Rp 280.000 per malem, kepegang Rp 180.000 per malem karena ada weekend sale Rp 100.000 tadi.

                                                                                          foto: tripadvisor.com
Beberapa waktu sebelumnya, saya memang sudah naksir ini hotel. Seperti yang pernah saya ceritakan, saya suka hotel baru dengan konsep modern minimalis. Kenapa? Karena konsep ini menghilangkan kesan serem seperti hotel-hotel lawas dan gak ada bau-bau debu apek. Nyaman aja kalau tidur. Saya sempet googling sebelumnya, gallery-nya keren-keren euy !!


Lokasi:
Nah, akhirnya, kesampaian nginep di sana. Dari awal saya ragu soal lokasi, yaitu di Jl Ganesha 2, No 53, Timoho. Kenapa ? Nggak tau deh, menurut saya Timoho relatif ini dekat kemana-mana, termasuk tengahlah, tetapi kawasannya nggak happening gitu. Jadi rada ragu juga soal transportasi ke sana. Nah, saya ke sananya naik ojek, dan tukang ojek pun langsung ngeh...Oh, Jalan Ganesha...tau !! Saya langsung plong. Etapi...nggak taunya muter-muter di kawasan Timoho, nggak juga nyampe ke hotel. Usut punya usut, ternyata emang lokasinya agak ngumpet masuk jalan kecil di kawasan perumahan.
Tapi sebenernya gampang kok, lokasinya berada di kawasan perumahan dekat Kampus APMD. Di depan kampus ini udah ada dua halte TransJogja, yaitu halte APMD 1 dan halte APMD 2, saling berseberangan melayani arah yang beda. Jadi kalau kemana-mana juga gampang. Dari hotel mau ke Malioboro aja cuma ganti sekali, naik 4B di halte seberang kampus, turun di halte Wanitatama, terus ganti 1A langsung ngacir ke Malioboro.

Nah, cuma memang kalau malem, cari makan musti keluar kompleks ke jalan besar dulu, baru nemu tuh banyak pilihan makanan: ada angkringan Playground yang lagi happening yang parkiran motornya udah kayak lagi ada konser saking bejibunnya motor, ada juga ayam goreng dan bebek goreng deket situ, ada warung zuppa zup, ada angkringan biasa yang remang-remang ngesot di trotoar, ada juga bakmi Jawa. Supermarket terdekat adalah Circle K deket warung warung itu. Jalan kaki dari hotel sekitar 200-300 meteran. Lumayan. Catetan, di hotel juga ada kantinnya (bukan cafe karena mie cup pun ada), tapi makananya terbatas. Soal lokasi ini, menurut saya kekurangan yang paling mencolok.

Fasilitas:
Masuk hotel udah bagus aja, bersih, nyaman, homy. Pintu pake key card. Interiornya nggak kalah sama yang bintang tiga, bersih, rapi, simple, minimalis, modern, dengan setting lampu dan cat serta wallpaper yang menyejukkan.
  • handuk : checked !! dua buah bersih semua, dan satu handuk lantai.
  • toiletries : checked !! ada dua sikat gigi dengan masing-masing dilengkapi pasta gigi. Dua buah sabun batangan bulat, satu botol kecil shampoo.
  • Gelas bening buat naruh sikat gigi : checked !! dua biji.
  • mineral water : checked !! dapet dua botol.
  • Tisu gulung: checked !! dapet dua.
  • Oya, shower-nya cukup bagus, pancaran deras, terus mudah mengatur panas dinginnya karena kalo kran digeser kiri mentok otomatis dapet air panas yang suhunya pas, tidak panas banget dan tidak dingin juga. Beberapa kran semacam ini di hotel lain agak susah ngatur suhu, geser dikit aja krannya udah kepanasan atau sebaliknya. 
  • Toilet sangat bersih dengan menggunakan produk-produk Toto.
  • Yang nggak ada adalah sendal hotel dan coffee maker (entah kalau untuk kelas kamar yang harga di atasnya ya).
POOR SIGNAL : ini bagian dari fasilitas dan menurut saya penting sebagai catatan. Wifi-nya jelek mampus. Dari datang sampai check out sinyalnya kacrut. Masih soal sinyal, TV kabelnya juga hilang sinyal mulu. Blank !! Udah komplain ke operator, katanya baru diperbaiki.

Pelayanan: staf ramah. Nggak berlebihan, tetapi nggak juga cuek. Saat pesanan saya yang seharusnya kamar double bed ternyata habis (padahal udah request saat booking online), mereka menawarkan membantuk menata twin bed saya digabung menjadi satu, alhasil jadi king size, saya pasrah saja, yang penting badan saya yang gede ini bisa gelundungan leluasa di bed itu.
Sarapan: skip! nggak dapet, namanya juga harga promo hihihi.

So far, saya menilai hotel ini sebenernya keren dan nyaman. Kok sebenernya? iya, soalnya problemnya di lokasi. Kalau nggak bawa kendaraan sendiri agak repot. Bukannya jauh, enggak kok. Cuma transportasi publiknya yang terbatas Transjogja, jadi nggak bisa leluasa jalan sampai malam. Gitu sih...mau coba?

regards,

A

No comments: