Thursday, July 12, 2012

Antologi Catatan Perjalanan : "Norak-Norak Bergembira"

Saya dibikin kaget dengan kehadiran buku ini, yang secara resmi menjadi buku saya yang ketujuh (weeww...cepet juga ya). Kenapa kaget? ya karena saya awalnya pesimistis aja bahwa buku ini akan terbit.

Jadi awalnya begini, seorang teman menyodori saya tawaran untuk bergabung dengan penulis-penulis lain di antologi terbitan Pastel Books (Mizan Pustaka) ini. Itu sekitar Juli 2011 (baru sadar, ternyata sudah setahun). Karena kebetulan saya banyak cerita yang mungkin bisa di- publish, ya sudah saya sambut tawaran itu.
Lalu dimulailah proses itu. Komunikasi dengan sang editor, sampai kemudian berhenti lama kagak ada kabar. Saya pikir, ya sudahlah, mungkin memang tidak jadi terbit. Sementara saya kemudian fokus mempersiapkan Travelicious Medan yang saya kerjakan bersama Ajie Hatadji. Menyusul berikutnya, saya harus mempersiapkan TraveLove hasil dari diskusi saya dengan Trinity dan Rini Raharjanti.
Akhirnya lupa deh. Baru di awal 2012, saya mulai ingat, oh kayaknya dulu pernah mau bikin antologi catatan perjalanan deh. Saya tanyakan akhirnya ke penerbit, dan ternyata memang akan diwujudkan, meskipun agak ke-pending. Setelah itu lama tanpa kabar, baru kemudian bulan Juni 2012 saya mendapatkan kiriman buku bukti terbit. Kejutan saja, karena nggak terasa saya sudah memiliki tujuh buku sejak saya mulai menulis buku di awal 2010. Dan senangnya, semua buku saya adalah buku-buku traveling.
Dalam buku "Norak-Norak Bergembira: Catatan Traveling Penulis Gokil" (NNB) ini saya menyumbangkan dua tulisan lho...paling banyak, tapi juga paling belakang. Jadi kalau mau baca, langsung aja buka halaman belakang...hehehe. Saya menyumbangkan tulisan berjudul "Orkestra Ludah" dan "She's a Man". 

Sebenarnya saya bukan penulis gokil juga sih. Malah kalau lihat saya, orang selalu bilang "Kamu serius amat sih!" nah lho...hueheheh. Tetapi iya, orang seserius apapun kan pasti pernah juga dong punya pengalaman lucu. Ya begitulah, akhirnya si penulis serius ini berbagilah pengalaman lucunya. Kalau akhirnya yang baca nggak ngikik juga, ya maap :). Di dalam buku ini ada delapan cerita atau catatan perjalanan di berbagai negara hasil pengalaman para penulisnya. Kalau penasaran banget, segera ke toko buku saja. Kalau sekadar penasaran, boleh kok pinjem temen yang beli. Kalau merasakan antara penasaran dan enggak, ya sudah ke toko buku saja, baca di tempat hihihihii...

Akhirnya, apapun buku ini, saya bangga dengan kehadirannya. Semoga semangat saya untuk menulis memberikan inspirasi kepada Anda untuk menuliskan catatan-catatan perjalanan Anda. Pssstt...saya juga masih ada satu "simpanan" buku yang belum terbit lho...Anda nggak ngiri tuh? yakin? nggak ngiri? seriusan? Harus ngiri dong :) . Makanya, mulailah nulis. Sayang kalau punya banyak pengalaman traveling tapi disimpen doang dalam hati. Mari berkarya, jadikan duit, bersemangat untuk berbagi. Mulailah dengan nge-blog, siapa tahu Anda akhirnya memiliki buku sendiri seperti saya, suatu saat nanti. You never know ;)

Regards,

A

3 comments:

agustinriosteris said...

Segera mencari di toko buku terdekat hehehehe

De said...

Saya sudah punya buku ini. Sudah dikoleksi. Bener2 noraks tapi seru abiiiisss... :)

Ariy said...

makasiiiih kakaks :)