Wednesday, July 25, 2012

Icip-icip Kipo & Legomoro (Kotagede)

Aneka makanan kecil, mulai tradisional hingga kue-kue modern
Dalam jalan-jalan saya suatu sore di Kotagede yang terkenal dengan kerajinan peraknya, saya mampir ke sebuah pasar. Beberapa sudut pasar itu tampak penuh dengan pedagang makanan dengan jenisnya mencapai puluhan dan bentuknya yang mengundang selera. Mulai dari kue basah, pastel, kue lapis, bika ambon, wajik, waaah … pokoknya jenisnya bisa puluhan dan beberapa saya tidak mengenalnya. Saya sempat bertanya kepada pedagang, apa yang khas dari Kotagede. Nah, inilah jawaban mayoritas beberapa pedagang.

Kipo
1. Kipo:  Ini adalah jajan pasar yang merupakan khas warga Desa Jagalan. Rasanya manis, seperti kue basah dari adonan tepung gandum, dengan bagian tengahnya diisi gula kelapa. Harga kipo ini sangat murah, lima buah kipo hanya dihargai Rp1.000,00.

2.  Legomoro: Nah, kalau yang ini adalah makanan serupa lemper, terbuat dari ketan, dibungkus daun pisang, kemudian diikat dengan tali bambu. Satu ikat terdiri tiga atau empat bungkus. Ini juga merupakan makanan khas.Desa Jagalan yang kemudian berkembang menjadi makanan khas Kotagede. Biasanya makanan ini disajikan dalam upacara tradisional. Kata legomoro diambil  dari flosof bahwa orang yang mengikuti upacara harus datang dengan hati ikhlas.Harga Legomoro Rp 1.000.

Legomoro.
Jadi kalau lagi jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke Kotagede, sebuah kecamatan di Kota Yogyakarta yang merupakan kawasan kota lama di Yogyakarta yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul. Selain terkenal dengan kerajinan peraknya, jangan lupa untuk mengeksplorasi makanan khas mereka. Selamat jalan-jalan. :)

Regards,

A

1 comment:

annosmile said...

penasaran ama legomoronya