Thursday, July 12, 2012

Wat Arun - The Temple of The Dawn


Wat Arun akan lebih memesona bila dinikmati saat senja
Kalau lagi traveling ke Bangkok, Thailand, jangan lupa mampir ke Wat Arun. Ini juga biasa disebut Temple of The Dawn. Memiliki ciri yang berbeda dengan Wat lainnya di Thailand. Yang membedakan juga adalah, Wat ini berada di tepi Sungai Chao Phraya.  Menurut saya, karena posisinya yang berada di pinggir Chao Phraya, temple ini terlihat lebih eksotis. Lalu bagaimana saya menuju ke sana dari Khao San Road? Jalurnya sama dengan jalur yang saya lalui saat ke Kompleks Grand Palace dan Wat Pho.
Karena lokasinya yang berada di seberang sungai, maka kita harus menyebrang dengan perahu untuk bisa mencapai Wat Arun. Ada beberapa dermaga yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Wat Arun. Dengan perahu bertiket 2 Baht, kita bisa menuju ke Wat Arun. Namun, kadang staf dermaga juga meminta kita membayar 10 Baht (Rp 2.800) dengan berbagai alas an. Salah satu dermaga yang menjadi akses termudah adalah dermaga Tha Tien, yang lokasinya berada di barat daya kompleks Grand Palace. Perahu akan meninggalkan dermaga ini setiap beberapa menit sekali. Yang ingin naik bus menuju ke sini juga bisa. Ambil bus nomor 1, 25, 44, 47, 62 dan 91, turun di Maharat Road, dari sini cukup dekat ke dermaga.
Wat Arun dibuka setiap pukul 08.30 hingga 17.30, dengan tiket masuk 20 Baht (Rp 5.600).  Ini salah satu landmark terkenal di Bangkok, dengan kuil yang sangat indah. Bahkan dilihat dari seberang sungai pun, dengan pemandangan perahu dan sungai, temple ini terlihat sangat mempesona. Ada satu puncak Wat di tengah yang bergaya Khmer dan disebut Prang, dikeliling dengan empat prang kecil di masing-masing sudutnya. Wat ini juga dipengaruhi gaya China, dapat dilihat dari beberapa prang yang berhias kulit kerang dan porcelain. Datanglah saat matahari tenggelam, anda akan melihat matahari tenggelam di punggung Wat, dan cahaya keemasannya berpendar di permukaan Sungai Chao Phraya. Indah. Bagi yang suka fotografi, menurut saya angle paling bagus adalah dari seberang sungai. Dengan pemandangan beberapa perahu berseliweran di depannya.           

2 comments:

aNantYAous said...

mas, mau nanya...
kita kan tuker Bath di Indo & dapat uang besar (1000 THB). Kalau udah nyampe thai bisa tuker dimana ya ? *selain 7eleven ato supermarket* kan biasanya pedagang ga mau tuh diminta kembalian gede.
Ato tuker dollar trus nukernya pas nyampe di Thai & minta ditukerin uang kecil gitu aja yah?
thanks infonya :))

Ariy said...

Tukerin aja pas bayar hotel/hostel. Biasaya mereka ada. Jangan tuker di sana, entar kerepotan. Paling enak ya tuker di Indonesia secukupnya. Backup bisa menggunakan dollar. Kalau kepepet, baru dollar ditukerin.